Vitamin B2 (Riboflavin) Sangat Membantu Tubuh Memecahkan Karbohidrat, Protein dan Lemak

vitaminVitamin B2 atau disebut juga dengan riboflavin adalah salah satu dari delapan jenis vitamin B. Vitamin B2 berperan dalam proses produksi energi di dalam tubuh. Selain itu, vitamin B2 juga memiliki fungsi-fungsi lain yang tidak kalah penting.
Vitamin B2 adalah jenis vitamin yang larut di dalam air sehingga kelebihannya dibuang setiap hari dari tubuh. Cara terbaik mendapatkan vitamin B2 adalah dengan cara mengkonsumsi makanan alami yang mengandung vitamin ini. Menurut University of Maryland Medical Center, makanan yang mengandung riboflavin di antaranya adalah telur, kacang-kacangan, daging, brokoli, gandum, kubis, nasi, jamur, kacang kedelai, sayuran berdaun hijau, sereal yang diperkaya, dan roti.
Manfaat riboflavin yaitu pada masa pertumbuhan dan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Vitamin ini sangat membantu tubuh memecahkan karbohidrat, protein, dan lemak untuk menghasilkan energi, dan memungkinkan oksigen untuk digunakan oleh tubuh.
“Riboflavin juga digunakan untuk pertumbuhan dan menjaga fungsi kulit, lapisan saluran pencernaan, sel-sel darah, kesehatan mata, menjaga kehamilan tetap sehat dan organ vital lainnya,”. Kekurangan riboflavin dapat menjadi pemicu terjadinya preeklampsia, atau tekanan darah tinggi saat kehamilan tua (trimester tiga). @Ani Susanti