AKPARINDO Harus Bermanfaat Untuk Provinsi Banten

koranbanten.com – Cilegon – Hari ini AKPARINDO resmi hadir di Kota Cilegon, acara ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Cilegon Edi Ariadi, Ketua PWI Provinsi Banten Firdaus, Ketua Harian PHRI Provinsi Banten Ahmad Sari Alam, Wakil Ketua Harian PHRI Provinsi Ashok Kumar, Ketua Harian PHRI Kabupaten Serang Suherman, Kepala Disbudpar Kota Cilegon Buchori, dan GM Hotel dan Restorant se-Provinsi Banten.

Peresmian AKPARINDO dibuka dengan pemotongan pita oleh Wakil Walikota Cilegon Edi Ariadi. Dalam sambutannya Wakil Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan AKPARINDO telah resmi dibuka. “Semoga setelah dibukanya AKPARINDO dapat segera berdiri dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Cilegon khususnya untuk sektor industri Restoran atau Perhotelan,” ujar Edi

Edi juga menambahkan  pihaknya mengapresiasi berdirinya AKPARINDO. Menurutnya, dengan adanya lembaga pendidikan pariwisata seperti AKPARINDO bisa mendukung perkembangan SDM di Kota Baja. “Kota Cilegon sebagai Kota Industri juga memiliki potensi wisata, salah satunya wisata industri. Guna mendukung potensi wisata terus tumbuh, Pemkot Cilegon juga terus meningkatkan infrastruktur,” kata Edi kepada koranbanten.com.

Lebih lanjut Ketua PHRI Provinsi Banten Ahmad Sari Alam menjelaskan, lembaga pendidikan pariwisata sangatlah penting dalam pembangunan sumber daya manusia dibidang pariwisata. Selain itu  potensi wisata di Banten cukup tinggi. Apalagi kedepan ada program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di wilayah bagian Banten Selatan.“Kami sengaja mendirikan AKPARINDO di Kota Cilegon, karena Cilegon memiliki wilayah yang tidak terlalu luas, namun memiliki potensi yang besar. Ilmunya itu harus disini karena orang asing banyak disini. Jadi nanti untuk sertifikasi pariwisata adanya di Cilegon,” ungkap Ahmad Sari Alam kepada koranbanten.com.

Dengan banyaknya investor asing yang masuk ke Kota Cilegon seperti Lotte dan Nippon kita harus betul-betul menyiapkan SDM yang berkualitas untuk menghadapi era MEA“Nanti kedepan akan masuk investor dari Lotte, Nippon dan lain sebagainya. Jadi Cilegon ini bisa dibilang pusatnya MEA di Banten. Jadi kedepan hotel-hotel dan lainnya diperlukan disini,” ungkapnya.

Saat ini Negara kita sudah memasuki program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimana pada era tersebut SDM kita akan bersaing dengan masyarakat ekonomi asean dari negara-negara lain. “Saya berharap dengan berdirinya AKPARINDO ini, masyarakat Kota Cilegon dapat bersaing dengan Masyarakat Ekonomi Asean nantinya,” jelasnya kepada koranbanten.com.

@faiz/dimas/jefry