Bentuk Karakter Anak, Disdikbud Lebak Sosialisasi Senam Banten Bangkit dan Finger Painting

KORANBANTEN.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lebak, melalui bidang Pendidikan Usia Dini Non Formal dan Informal (PAUDNI) lakukan sosialisasi dan publikasi senam Banten Bangkit dan Finger Painting di Gedung PGRI Lebak, jalan Siliwangi, Pasir Ona, Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Rabu (11/10/2016).

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 250 siswa Paud yang ada di Kabupaten Lebak tersebut, dengan tujuan memberikan pembinaan kepada siswa, mengukur kompetensi para guru dan memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan.

Kepala Disdikbud Lebak, Wawan Ruswandi mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahun agar para guru Paud kompeten dalam memberikan pelajaran kepada siswa.

“Sebetulnya ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh dinas sebagai bentuk pembinaan kepada siswa Paud, dan untuk mengukur tingkat kompetensi para guru dalam mendidik siswa,” katanya kepada wartawan.

Menurut Wawan, bila para guru sudah kompeten tentunya akan meningkatkan kreatifitas anak dalam menyerap pelajaran yang telah diberikan para guru kepada siswa sehingga timbul keberanian untuk mengekspresikan apa yang diinginkan oleh siswa.

“Pada intinya, kegiatan ini bisa memberikan motivasi untuk meningkatkan keterampilan dan membentuk karakter pada anak,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Paudni Disdikbud Lebak, Abdul Malik mengatakan, dalam kegiatan ini para siswa diajak untuk melakukan senam bersama dan mengikuti keterampilan melukis dengan jari.

“Seluruh siswa mengikuti senam Banten bangkit secara bersama agar menumbuhkan keberanian siswa, sehingga ketika telah terbiasa para siswa tidak lagi canggung atau malu untuk mengikuti setiap kegiatan yang ada dilembaga tersebut,” ujarnya.

Malik menambahkan, bila sudah timbul keberanian pada siswa kedepannya akan menjadi terbiasa dalam melakukan segala hal yang telah diberikan sejak dini.

“Ini juga sebagai bekal ketika para siswa masuk ke sekolah dasar, sehingga bisa lebih mudah dalam menyerap pelajaran disekolah yang lebih tinggi karena sudah terbentuk karakter dalam diri anak. Dalam Prosesnya tentu saja sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemerintah daerah dalam mencapai program unggulannya yaitu Lebak sehat dan Lebak cerdas,” ungkapnya. @DF