Bupati Resmikan Dua Batik Khas Pandeglang

KORANBANTEN.com – Bupati Pandeglang Irna Narulita, meresmikan 2 (dua) motif batik cikadu hasil pelatihan, dan akan dijadikan motif seragam 2017, selasa (27/12) di Cikadu, Kecamatan Panimbang.

“Dengan diresmikannya dua motif tersebut, Pandeglang akan memiliki motif batik yang resmi sehingga tidak hanya dikenal di Nasional tapi juga Internasional,”demikian disampaikan Bupati Pandeglang Irna Narulita dalam acara perluasan, penerapan, satandar produk industri.

Irna juga berharap, batik Pandeglang tidak hanya memiliki dua motif tapi lebih banyak lagi. Karena itu menurut Bupati Hj. Irna Narulita, harus diadakan Festival motif batik yang diikuti oleh para pengrajin.

“Motif yang dipilih nanti akan kita serahkan ke Kementerian Perindustrian dan Perdagangan. Nanti disana akan disortir kembali, motif mana yang belum digunakan oleh daerah lain,” ucapnya.

Irna Narulita juga menginginkan, ada pemerataan kesejahteraan bagi para kelompok, sehingga tidak kelompok tertentu saja yang merasakannya,

“Untuk itu terus diadakan pelatihan bagi masyarakat yang ada di Buffer Zone KEK, agar semuanya memiliki keahlian sehingga dapat membuat kerajinan yang memiliki nilai ekonomi untuk meningkatkan taraf hidupnya,”harapnya.

Selain dari motif batik yang diperhatikan, kualitaspun kata Irna Narulita, harus dipikirkan. Karena dengan kualitas yang bagus jelas akan menarik minat pembeli.

“Kedepannya harus diupayakan menggunakan mesin printing, agar hasilnya bagus dan cepat, sehingga apabila ada pemesanan dari konsumen yang banyak dapat terpenuhi,”jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Undang Suhendar mengatakan, selain peresmian motif batik cikadu dalam acara perluasan, penerapan, satandar produk industri, pada acara ini juga diadakan pelatihan bagi masyarakat setempat.

“Dua motif yang diresmikan ini yakni motif badak dan lesung, akan diurus hak ciptanya melalui Kemenkumham, sehingga motif batik cikadu tidak dapat di adopsi oleh pihak lain”katanya.

Dinkop juga menyerahkan batuan alat untuk membatik mulai dari canting (besar dan Kecil), Cap, Wajan Kecil, Kompor, dan Lilin.

Hadir dalam acara ini Asda Ekbang Iskandar, Kadinsostrans E. Sutisna, Kepala BP3AKB Deden Kuswan, Camat Panimbang Agus Amin, dan Toto penanggung jawab batik cikadu.