Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Gelar Festival Durian

koranbanten.com – Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten menyelenggarakan Festival Tahunan yakni Kontes Durian di Banten. Festival Durian Tahun 2016 merupakan kali kedua yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan dalam rangka mengenalkan dan mempromosikan yang sudah terkenal di Provinsi Banten.

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Agus M.Tauchid dan dilanjutkan dengan ulasan mengenai buah durian oleh Dr. Lutfi Basir seorang Pakar Durian dan Penghulu Buah yang berasal dari Bulungan Kalimantan Utara.

Banten memilki sentra pemasok buah durian yang terkenal dan sering disebut dengan Akarsari, yaitu yang terdapat di daerah Pulosari. “Durian itu buah yang kena fitnah” begitu lucon Lutfi Basri saat menyampaikan penjelasan kepada Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan kepada khalayak umum.

Hal ini dikarenakan banyaknya mitos masyarakat yang menganggap bahwa buah durian banyak mengandung bahaya kolesterol, namun mitos tersebut dibantah oleh Lutfi Basir yang mengungkapkan buah durian merupakan buah yang mengandung hormon steroid yang memicu gairah bagi kaum pria.

Buah Durian awalnya yang berasal dari Borneo Kalimantan Utara dan Semenanjung Malaysia ini memiliki 30 species di dunia diantaranya 18 species terdapat di Kalimantan dan 1 species yang terdapat di banten. Uniknya buah durian yang terdapat di banten memiliki warna yang hampir menyerupai warna pink dan durian ini persis dengan durian asal negeri jiran malaysia.

Gubernur Rano Karno dalam acara tersebut memberikan apresiasi kepada para pemenang kontes buah durian yang diselenggarakan dalam acara festival durian tahun 2016, kontes tersebut diikuti oleh pengusaha durian yang terdapat di banten, diantaranya durian kapal, durian balimbing dan durian hejo.

Para pemenang diberikan hadiah berupa piala dan sejumlah uang yang diberikan langsung oleh Gubernur Banten Rano Karno. Dengan adanya kontes durian ini diharapkan agar Banten tidak hanya menjadi kawasan wisata yang saat ini sudah terkenal, namun agar banten dapat menjadi kawasan pusat kuliner buah durian (kadu).

Di Banten lokasi sentra durian yang cukup terkenal yaitu durian hj. Arif , berikut degan hasil olahan durian yang saat ini telah menjadi kuliner olahan yang terkenal di kalangan masyarakat banten yaitu Sop Duren yang terletak di warung pojok Serang Banten. (Advertorial)