Festival Masakan Kuliner Khas Banten

Koranbanten.com – Banten bukan hanya terkenal dengan kota industri dan pariwisatanya saja. Tapi provinsi Banten juga terkenal dengan aneka kulinernya yang menggugah selera. Sayang rasanya jika kita banyak mengunjungi pantai di Banten seperti Pantai Anyer, Pantai Carita, Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sawarna, dan pantai-pantai lainnya tapi tidak mencicipi kuliner khas Banten sendiri.

Sebagai salah satu upaya untuk mengangkat kekayaan kuliner tersebut, Pemerintah Provinsi Banten bersama semua pihak terus mengembangkan dan memperkenalkan kuliner khas Banten secara nasional.

“Saya mengapresiasi semua pihak yang telah melaksanakan kegiatan ‘Gebyar Kuliner Banten 2015’ dalam rangka HUT Banten yang ke-15,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten Dewi Indriati Rano saat membuka acara Gebyar Kuliner Banten 2015 di Royale Krakatau Hotel Cilegon, Kamis (01/09).

Bersama dengan Tim Penggerak PKK, Dewi berencana akan menggelar festival kuliner khas Banten didaerah lain diwilayah Provinsi Banten.

sate bandeng
Sate Bandeng, Kuliner Khas Banten

“Kita punya banyak makanan khas Banten yang terkenal, seperti sate bandeng, rabeg, bontot Pontang, baso ikan dan banyak lainnya. Semua makanan tersebut harus kita lestarikan,” ucap istri dari Gubernur Banten Rano Karno ini.

rabeg-khas-serang
Rabeg, Kuliner Khas Banten

Ketua Panitia Susaedi mengatakan, salah satu rangkaian Gebyar Kuliner Banten adalah lomba masak menu khas Banten dalam rangka HUT Banten yang ke-15.

Bontot Domas, Kuliner Khas Banten dari Kecamatan Pontang
Bontot Domas, Kuliner Khas Banten dari Kecamatan Pontang

“Nantinya para pemenang akan diberikan kesempatan menjadi trainer untuk koki di hotel Royale Krakatau. Menu-menu pilihan akan ditampilkan sebagai salah satu menu pilihan unggulan bagi tamu-tamu kami, sehingga masakan khas Banten semakin mudah dinikmati oleh para tamu yang datang dari berbagai daerah, ” kata Susaedi.

Acara Gebyar Kuliner Banten ini dimeriahkan oleh ibu Sisca Soewitomo dan ibu Nilasari untuk demo masakan nusantara.(DA)