HADAPI PERSAINGAN KETAT, SARJANA WAJIB KUASAI IPTEK

wisudaSERANG – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno menegaskan, di era sekarang ini, persaingan di tingkat lokal, regional maupun global sangat ketat di semua bidang kehidupan menjadi satu kenyataan yang harus dihadapi, baik sebagai individu maupun sebagai warga negara Indonesia. Untuk menghadapi situasi tersebut, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi satu kewajiban untuk dimiliki.


Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut hanya bisa kita raih melalui pendidikan yang baik di semua bidang tingkatan,” kata Rano Karno dalam acara Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten (SMHB) Tahun 2015, di Aula Utama Prof Sjadli Hasan IAIN SMHB Serang, Selasa (16/06).

Kunci untuk memenangkan persaingan yang ketat, kata Plt Gubernur adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang hanya bisa dibangun melalui proses pendidikan yang berkualitas. Selain itu menurutnya, persaingan ini juga dapat menuntut manusia-manusia yang unggul dibidangnya masing-masing.

Peran dunia pendidikan sangat penting dalam menyiapkan SDM yang berkualitas guna mengisi peluang kerja dan usaha yang tersedia semaksimal mungkin,” jelas Rano.

Dalam wisuda ini, IAIN SMHB melepas sebanyak 521 orang lulusan terbaiknya dari berbagai jurusan yang ada di kampus islam negeri yang segera menjadi Universitas ini.

Rano melanjutkan, IAIN SMBH selama ini telah membuktikan dirinya sebagai salah satu lembaga pendidikan islam di Indonesia yang telah mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dibidangnya masing-masing, dan telah banyak berkontribusi bagi pembangunan dan kemajuan masyarakat.

Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada IAIN Banten beserta seluruh jajaran civitas akademika yang telah menunjukan peran secara nyata, dan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun dunia pendidikan, khususnya di Provinsi Banten yang kita cintai,” ujar Rano dihadapan Menteri Agama Lukman Hakim Syafrudin yang berkesempatan hadir.

Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Banten menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan kegiatan studinya di IAIN SMHB, baik untuk jenjang S1 maupun S2 serta teriring doa dan harapan agar kelak dapat mendarmabaktikan ilmu pengetahuannya untuk pembangunan dan kemajuan bangsa serta kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Rano menambahkan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah selama ini telah dan akan terus berupaya secara konsisten dan berkelanjutan membangun semua infrastruktur maupun suprastruktur dibidang pendidikan disemua tingkatan pendidikan, mulai dari tingkat paling dasar sampai dengan tingkat pendidikan tinggi.

Pemerintah juga sangat menyadari bahwa upaya ini tidak akan berhasil dengan baik apabila tidak didukung oleh seluruh komponen masyarakat. Kemampuan dan SDM yang dimiliki pemerintah sangat terbatas untuk membangun dunia pendidikan dengan semua aspek yang terkait didalamnya,” tuturnya.