Ketua DPRD Hadiri Gelar Pasukan di Dermaga Merak

gelar_pasukan_12CILEGON – Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah menghadiri gelar pasukan dan demo latihan Search and Rescue (SAR) Laut Selat Sunda di Shelter Dermaga IV dan V di Mereka Kota Cilegon, Rabu (3/6/2015). Kegiatan tersebut melibatkan BNPB, DIT POLAIR, SAR, KSOP Kelas I, Pelindo II Cabang Banten, Bea dan Cukai Tipe Madya Pelabuhan Merak, KCP Pelabuhan Merak, OPP Merak, RSUD Kota Cilegon, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak, PT KS, PT Krakatau Bandar Samudera, RS Krakatau Medica Cilegon, PT Krakatau Posko, dan HNSI Banten.

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Ahmad Taufiqurohman, mengatakan digelarnya latihan SAR ini untuk mengantisipasi musibah yang terjadi di perairan laut Selat Sunda di Provinsi Banten. “Untuk menangani berbagai musibah yang terjadi di perairan laut membutuhkan kemampuan personil SAR gabungan yang profesional dan tanggap, karena itu demo latihan SAR gabungan digelar,” kata Taufiqurohman di sela-sela kegiatan berlangsung.

Taufiqurohman berharap hasil kegiatan tersebut dapat dipraktekan ketika sedang menangani korban di perairan laut. Kemudian Tim SAR gabungan melakukan kesiapsiagaan dalam penganganan korban di darat dengan cepat, tepat dan profesional. “Juga diharapkan Tim Medis dapat memperkuat koordinasi di lapangan ketika terjadi musibah pelayaran dengan cepat dan tepat sesuai prosedur penyelematan,” harapnya.

Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah mengatakan, lintasan perairan laut Selat Sunda di Provinsi Banten merupakan lintasan Pelabuhan Bakauheni, Lampung-Merak yang dilalui kapal laut untuk mengangkut dan penurunkan penumpang selama 24 jam. Selain itu, lanjut Asep, beberapa musibah juga sering terjadi, baik kebakaran kapal maupun yang lain. “Oleh karena itu, kami sangat mendukung kegiatan latihan SAR gabungan ini, mudah-mudahan hasil kegiatannya bisa diterapkan dilapangan ketika menangani korban,” kata Asep. @