Komisi II Konsultasi Kesiapan MEA ke Kementerian Perdagangan

img_1418JAKARTA – Komisi II DPRD Provinsi Banten, melakukan kunjungan kerja ke Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan di Jakarta Pusat, Senin (22/6/2015). Mereka diterima Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi, didampingi Direktur Kerjasama ASEAN, Donna Gultom.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Banten, Ratu Ella N Syatibi mengatakan, kunjungan kerja Komisi II ke Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan dalam rangka koordinasi dan konsultasi mengenai sosialisasi kesiapan menghadapi masyarakat ekonomi asean (MEA) tahun 2016 untuk masyarakat. “Tujuannya untuk melakukan kunsultasi mengenai kesiapan pemerintah menghadapi MEA yang akan dilaksanakan pada tahun 2016,” kata Ratu Ella mengawali pembicaraannya.

Menanggapi hal itu, Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi menjelaskan, untuk menyambut MEA tahun 2016, Pemerintah sudah menyiapkan beberpa langkah, yaitu menyiapkan regulasi yang berorientasi penciptaan daya saing, menyiapkan regulasi daerah yang mendukung penciptaan daya saing dan tidak bertentangan dengan kebijakan pusat, harmonisasi regulasi pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah.

“Juga menyiapkan kelembagaan dengan membentuk Sekretariat Nasional ASEAN dan Komite Nasional peningkatan daya saing, menyiapkan pendanaan untuk berbagai kegiatan dalam menunjang kesiapan Indonesia dalam memanfaatkan MEA, seperti dana sosialisasi atau edukasi publik serta dana bimbingan teknis,” kata Bachrul Chairi.

Menurut Bachrul Chairi, kelembagaan yang disiapkan pemerintah dengan memanfaatkan kelembagaan yang sudah dibentuk pemerintah pusat melalui Kepres Nomor : 37 Tahun 2014 tentang Komite Nasional Persiapan Pelaksanaan MEA. “Namun langkah yang sudah diambil pemerintah perlu mendapatkan dukungan aktif dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah agar dapat meningkatkan kesiapan Indonesia dalam memanfaatkan MEA tahun 2016,” ujarnya.

Usai mendengarkan penjelasan dari Bachrul Chairi, Ratu Ellah didampingi Ketua Komisi II, Imannudin Sudirman Karis, Sekretaris Komisi II, Saukatudin, dan Anggota Komisi II mengaku akan menindaklanjuti hasil kunjungan kerja Komisi II ini dengan SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. “Kami ucapkan banyak terima kasih kepada bapak Dirjen (Bachrul Chairi), karena sudah bersedia menerima kedatangan kami dan hasil kunjungan kerja Komisi II ini akan kami tindak lanjuti dengan SKPD terkait di Provinsi Banten,” kata Ratu Ella mengakhiri pembicaraannya. @