Perlunya Indek Kemerdekaan Pers

Koranbanten.com – Dewan Pers menggelar sosialisasi penyusunan Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) pada jurnalis, mahasiswa dan Humas instansi pemerintah di Bandung, (22/09/2015). Acara tersebut membahas sosialisasi IKP yang menurun, di mana kemerdekaan pers menjadi fondasi ditegakkannya HAM bagi jurnalis.

Menurut, Kapolda Banten Boy Rafli Amar yang menjadi salah satu narasumber mengatakan, kemerdekaan pres nasional harus selalu dikembangkan, karena merupakan hal yang mutlak untuk dijaga dan dijamin oleh hukum.

Namun menurut Boy Rafli pers sebagai bagian dari demokrasi harus memiliki profesionalisme dan tanggung jawab dalam melakukan tugasnya dan tunduk dalam kedaulatan Negara.

“Kita perlu membuat indeks sendiri yang bisa membandingkan pelaksanaan kemerdekaan pers di setiap provinsi di Indonesia. Memang tidak ada gambaran tentang kebijakan pemenuhan atas informasi kebebasan mengakses dan menyebarkan informasi di suatu wilayah. Itu semua diperuntukkan bagi seluruh lembaga pers dunia,” katanya. @IDA