PT RNI Tertarik Berinvestasi di Banten

koranbanten.com – Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Banten, melakukan kunjungan kerja ke PT Rajawali Nusantara Indonesia (PT RNI) di Jakarta, Kamis (11/8/2016). Kunjungan kerja Komisi II tersebut dalam rangka koordinasi mengenai keberadaan PT RNI sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di Bidang Agro Industri, Farmasi, dan Perdagangan.

Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Banten, Saukatudin mengatakan, Provinsi Banten memiliki pabrik gula rafinasi, perkebunan kelapa sawit, dan perdangan sehingga keberadaan PT RNI cukup potensial bila dikembangkan di Wilayah Provinsi Banten. “Karena itu, kami minta penjelasan mengenai peran PT RNI,”kata Saukat.

Menanggapi hal itu, perwakilan PT RNI, Elka Wahyudi mengatakan, PT RNI merupakan perusahaan BUMN dengan memiliki empat pilar, yakni argo industri, non agro industri, perdagangan, distribusi, dan properti.  Agro industri mencapai 65 persen dari total aset, yang meliputi perkebunan tebu, sawit, karet, dan teh; non agro industri mencapai 11,6 persen dari total aset, yang meliputi industri farmasi, kondom, alkes, karung plastik, dan kulit; perdangan dan distribusi mencapai 22,6 persen dari total aset.

“Untuk properti masih dalam proses pengembangan. Dalam industri gula tebu, PT RNI memperoleh bagi hasil dengan petani tebu yang ada di Jakarta, dan Jabar sebesar 34 persen. Dan saat ini kontribusi PT RNI untuk gula nasional baru mencapai 10 persen,”kata Elka.

Untuk industri sawit yang dikelola PT RNI memiliki empat kebun di Provinsi Sumatera Selatan, sedangkan industri karet selama lima tahun terakhir ini mengalami penurunan. “Kebun karet banyak ditebang, dan dikonversi karena harga karet sangat rendah, yakni sebesar Rp 15 ribu per kilogram karet kering,” ujarnya, seraya menambah selama lima tahun terakhir ini, kepemilikan aset PT RNI baru mencapai Rp 6,8 triliun, dan omzetnya mencapai Rp 5,6 triliun. “Jika ada peluang investasi di Banten, tentu kami sangat tertarik,”tambahnya.

Usai mendengarkan penjelasan dari Elka, Saukat menyambut baik dan akan menindaklanjuti hasil kunjungan kerja tersebut dengan SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.”Kami ucapkan terima kasih atas penerimaan kunjungan kerja Komisi II DPRD Provinsi Banten,”ucapnya. @ADVERTORIAL/HMS