Siapkan Tenaga Kerja Dengan PLC

koranbanten.com- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang, bekerja sama dengan BLK  menggelar program peningkatan kesempatan kerja guna menyiapkan tenaga kerja siap pakai dengan pelatihan kejuruan Programmable Logic Controllers (PLC) di gedung Serbaguna BLKI Kota Serang. Selasa,  (01/11/2016).

 

Toto Suprawoto Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan mengatakan, pada pelatihan tersebut diikuti 20 peserta terdiri dari 3 orang pendidikan sarjana, 12 orang lulusan SMK dan 5 orang lulusan SMA.

 

Menurutnya, dalam menghadapi MEA, yang paling terdepan harus dilakukan uji kompetensi atau calon tenaga kerja yang terlatih  sudah diakui dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

 

“Kami melatih  kurang lebih 200 jam untuk bidang pelatihannya adalah PLC, karena di luar negeri sudah melakukan sistem tersebut,  bukan sistem  lagi tetapi sistem kontrol, sehingga peserta dapat menjadi operator di PLC,” jelasnya kepada koranbanten.com.

 

Pihaknya menargetkan melatih hingga 2200 orang. “Mudah-mudahan tercapai. Ini sudah terbukti dan tercapai dari tahun 2013-2015 hampir 78 persen yang tertetapkan,” pungkasnya.

 

@dimas/faiz