UMKM Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

koranbanten.com – Bank BJB menggelar seminar kewirausahaan dalam rangka meningkatkan omset Usaha mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Serang di gedung Faletehan. Senin, (31/10/2016).

 

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, saat ini potensi pelaku UMKM di Kabupaten Serang berjumlah 22,174 yang bergerak diberbagai usaha dan didominasi dibidang pengelolahan pangan sebanyak 11,857 UMKM. “Dengan potensi yang ada tersebut perlu ditingkatkan melalui pemberdayaan UMKM peran strategis dalam peningkatan angka IPM di Kabupaten Serang dapat tercapai,” pungkasnya kepada koranbanten.com.

 

Ia menambahkan, pembangunan yang dilaksanakan, pada dasarnya mencakup seluruh aspek kehidupan yang melibatkan kebersamaan antara masyarakat dan pemerintah termasuk UMKM. “Masyarakat menjadi pelaku untuk pembangunan dan pemerintah berkewajiban untuk mengarahkan, membimbing, melindungi serta menumbuhkan suasana dan iklim yang menunjang,” kata Pandji kepada koranbanten.com.

 

lebih jauh Pandji mengatakan, UMKM merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat dan peningkatan pendapatan masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

 

Ia berharap, masyarakat kecil dan menengah dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Serang.

 

@bad/faiz