Akibat Hujan Deras, Jembatan Penghubung Desa Tergerus Longsor

koranbanten.com – Akibat hujan deras jembatan Ciangga di Kampung Ciatuy, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikedal tergerus longsor, Selasa (17/11/20) akibatnya jembatan tersebut nyaris putus.

Warga Kecamatan Cikedal Furqon mengatakan, longsornya jembatan tersebut, ketika terjadi hujan deras pada malam hari, sehingga membuat tebing tanah jembatan tersebut ambruk.

Read More

“Kejadiannya semalam, sebab diketahui ambrolnya pada pagi hari,” katanya.

Menurut dia, jembatan tersebut banyak di lewati oleh masyarakat sebab menghubungkan Desa Mekarjaya dan Desa Padahayu Kecamatan Cikedal.

“Jembatan Ciangga dimanfaatkan warga masyarakat terutama yang akan melintas dari Ciatuy, Cugung, Pametung, Parigi, Jerenong, Babakanlor dan sekitarnya dengan nyaman. Kini nasib jembatan tersebut memperihatinkan dan mengancam keselamatan jiwa yang akan melintasinya baik pejalan kaki terlebih para pengendara roda dua atau roda empat,” kata Furqon.

Untuk itu, dirinya berharap, pemerintah segera melakukan perbaikan jembatan tersebut, agar tidak memakan korban jiwa. Sebab, katanya, kalau jembatan teraebut tidak segera dilakukan perbaikan warga terancam terisolir.

“Kalau ini tidak segera ditangani, pasti longsoran akan semakin meluas. Sehingga jembatan tersebut, terancam putus dan masyarakat tidak bisa melewatinya,” ucapnya.

Sementara itu Sekmat Cikedal Rii Djuwaeni membenarkan, kalau jembatan tersebut terancam putus. Untuk itu, pihaknya akan melaporkan kepada instansi terkait.

“Kita juga sudah mendapatkan laporan, kita juga akan menindak lanjutinya kepada dinas PUR atau ke BPBD karena ini kebencanaan,” ujarnya. (Asp)

Related posts