BPBD Imbau Warga Lebak Waspadai Pancaroba

KORANBANTEN.COM-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai musim pancaroba. Pasalnya, saat ini kondisi alam dan cuaca tidak bisa diprediksi dengan baik, sehingga hal tersebut rawan akan terjadi  musibah atau bencana alam seperti Putting beliung, banjir, bahkan longsor.

Plt Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Ajis Suhendi mengatakan, anomaly cuaca yang tidak menentu saat ini jelas akan bisa membuat alam berubah secara cepat, dan hal tersebut kerap bisa mengundang musibah atau bencana secara tiba-tiba.

Read More

“Kami terus melakukan koordinasi dengan semua pihak, khususnya pada wilayah Kecamatan yang rawan terhadap bencana. Karena bagaimanapun untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan wilayah, relawan-relawan BPBD yang berada dikecamatan lebih tahu,” Kata Ajis, saat ditemui di kantor BPBD Lebak, Kamis (30/9).

Dikatakan, adanya potensi bencana yang terjadi diwilayah Lebak, diantaranya Banjir, Putting Beliung, Longsor dan Bajir Bandang serta Longsor. Selain bencana karena kondisi alam, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar hati-hati dan melakukan pemeriksaan terhadap jaringan listrik dimasing-masing rumah. Karena, akhir-akhir ini kebakaran yang diakibatkan oleh arus pendek listrik sering terjadi.

“Kebakaran yang diakibatkan konsleting listrik, sebetulnya bisa dicegah, asalkan kita rajin memeriksa setiap kabel dan tidak sembarangan dalam melakukan sambung menyambung kabel, karena hal tersebut bisa berakibat fatal dan bisa terjadi kebakaran pada rumah,” tuturnya.

Lanjutnya, kesiap-siagan terus dilakukan karena bagimanapun BPBD merupakan lembaga yang kapan saja harus siap bila terjadi bencana, karena bencana tidak bisa diprediksi dan tidak bisa di tebak kapan datangnya.

“Untuk logistik kebencanaan pemkab Lebak akan selalu siap kapan saja dibutuhkan, begitu juga dengan tim rewan BPBD,” Paparnya. (Kew)

Related posts