Camat Kemiri Bersama Indonesia Power Tanami 25 Pohon Gamal di Area PLTU

TANGERANG – Camat Kemiri bersama PT Indonesia Power melakukan penanaman perdana pohon Hutan Tanaman Energi (HTE) di area POS 1 PLTU Banten 3 Lontar OMU. Penanaman 25 pohon gamal tersebut merupakan bagian dari upaya untuk mendorong penggunaan Energi Baru Terbarukan

“Penanaman perdana ini bertujuan untuk mendorong penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT),” ujar Camat Kemiri, Hadiyanto.

Read More

Kegiatan ini merupakan wujud dukungan pencanangan transformasi energi baru terbarukan dan akselerasi ekonomi berbasis teknologi hijau dan rendah karbon.

Pohon gamal diketahui dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit tenaga listrik terbarukan dan fungsi bahan bakar lainnya sebagai pengganti batu bara.

Hadiyanto menuturkan, dengan memanfaatkan bio massa yang dihasilkan dari tanaman energi tersebut untuk memenuhi kebutuhan cofiring pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) sebagai campuran batubara untuk mendorong target bauran EBT 23% pada tahun 2025.

“Penanaman perdana HTE ini juga sekaligus sebagai eco inovasi atau sebagai inovasi sosial di masyarakat,” tuturnya, dilansir tangerangkab.go.id.

Tak hanya itu, 500 pohon kaliandra ditanam di lahan PLTU lainnya. Penanaman perdana ini dilakukan serentak di seluruh PT Indonesia Power di Indonesia.

“Semoga ke depannya penggunaan bahan baku energi yang lebih ramah lingkungan seperti ini dapat terus meningkat sehingga kualitas lingkungan kita juga meningkat,” pungkasnya. (*/cr1)

Related posts