Disaksikan Walikota, Lapas Cilegon Tingkatkan Pelatihan Kemandirian WBP Dengan Teken PKS

Koranbanten.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon secara resmi mengikat kerja sama dengan Enam Mitra terkait dukungan peningkatan pelatihan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Hal ini ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kepala Lapas (Kalapas) Cilegon dengan enam Mitra di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon, Rabu 09 Februari 2022.

Keenam Mitra tersebut adalah Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Dinas Pertanian kota Cilegon, Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon, PT. Glori Karsa Abadi, PT. Swen Inovasi Transfer, serta Yayasan Qudwah Albarosiyah.

Read More

Kegiatan PKS ini turut dihadiri langsung Kepala BNN Provinsi Banten, Walikota Cilegon, Kepala BNNK Cilegon, Dandim 0623 Cilegon, Kapolres Cilegon atau yang mewakili, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Kepala Dinas Pertanian Kota Cilegon, Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon, Kalapas Serang, Karutan Serang, Kabapas Serang, Ketua Yayasan Bani Syifa, Ketua Yayasan Qudwah Albarosiyah, Pimpinan PT Glori Karsa Abadi, dan PT Swen Inovasi Transfer.

Walikota Cilegon, Heldy Agustian dalam sambutannya menyampaikan PKS ini bertujuan untuk membangun dan memastikan hubungan kerjasama yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan untuk menemukan dan melaksanakan solusi terbaik, bermanfaat, dan berkualitas yang tertanam pada tata nilai Kementerian Hukum dan HAM yang nantinya dapat diimplementasikan dalam kinerja pemerintah kota cilegon.

“Pemerintah kota Cilegon siap mendukung segala bentuk pembinaan bagi warga binaan sehingga mereka kelak dapat mempunyai bekal yang lebih terampil setelah usai menjalankan hukumannya. Nantinya kami pun akan memberikan dorongan secara moril maupun materiil kepada Lapas Cilegon,” ujar Heldy.

Sementara Kepala Lapas Cilegon, Sudirman Jaya mengucapkan terimkasih kepada Pemerintah Kota Cilegon atas dukungannya dalam meningkatkan pelatihan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatannya.

“Kami haturkan terimakasih kepada bapak Walikota yang tiada henti memberikan dukungan baik moril dan materil kepada para wargabinaan kami,” Ujar Sudirman.

Sudirman juga menyampaikan bahwa pemasyarakatan memiliki 3 pilar utama unsur pembinaan, yakni WBP, Petugas dan masyarakat. Kegiatan ini merupakan implementasi dari 3 Kunci Pemasyarakatan Maju yakni Deteksi Dini, Pemberantasan Narkoba dan Sinergitas antar penegak hukum, lembaga pemerintah dan masyarakat sebagai bagian dari pilar utama sistem pembinaan ditambah Back to Basics Pemasyarakatan sebagai penguatan kelembagaan.

“Hari ini Lapas Cilegon mendapat investasi luar biasa dalam bisnis, artinya implementasi dari kegiatan hari ini yang di rangkaikan dengan perjanjian kerjasama dengan pembukaan rehabilitasi narkotika serta pelatihan kemandirian agrobisnis, manufaktur dan jasa menjadi 3 kunci utama yang nantinya akan menjadi output dan outcome bagi negara dimana ini hanya tinggal ditarik dari keseluruhan tingkatan mulai dari tingkat kabupaten / kota, provinsi, nasional hingga international,” jelas Sudirman.(Pik/Dede)

Related posts