Fajar Syamsudin Terpilih Menjadi Ketua Baru Himakom Unma Banten

KORANBANTEN.COM – Perhelatan tahapan Musyawarah Besar (Mubes) V di Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) Unma Banten berlangsung hampir dua pekan. Dan bermuara pada tahap penjaringan dan pemilihan Ketua Umum Himakom untuk periode 2021-2022, acara berlangsung secara demokratis. Dan menetafkan Fajar Syamsudin terpilih memipmin Himakom untuk masa bhakti 2021 – 2022.

Disebutkan, dalam mubes yang berlangsung alot tersebut sampai pada sidang pleno pemilihan ketua. Dari empat kandidat bakal calon yang diusung ada dua kandidat calon yang siap maju, yakni Nurul Hasanah mewakili semester 3 melawan Fajar Syamsuddin dari semester 5. Kamis petang (14/01).

Read More

Ketua Panitia Mubes Himakom V dan KPU-MJ, Ia Rahmawati Nuraeni mengatakan bahwa pemilihan bacalon ketua dan Ketua dilakukan secara demokrasi kolektif, yakni per-angkatan maksimal diwakili 10 orang yang diutus dan mendapat surat tugas.

“Kita mengedepankan demokrasi, calon harus diusung oleh per-angkatan dan pemilihan dilakukan oleh semua perwakilan angkatan mahasiswa aktif. Sebelumnya hasil pemilihan suaranya sama, namun setelah lobby antar angkatan dan alumni berujung menetapkan satu kandidat terpilih yakni Fajar,” ujar Ia Rahmawati.

Menurutnya, pelaksanaan tahapan Mubes tersebut sudah berlangsung hampir dua pekan, karena banyak pembahasaan sidang pleno yang alot dengan diskusi panjang.

“Ini kita sudah berlangsung hampir 2 minggu. Ada 7 bahasan sidang dalam Mubes, mulai Tatib, AD/ART, GBHO, Pleno Pertanggung-jawaban pengurus lama, pemilihan ketua dan nanti sidang Paripurna pengesahan hasil Mubes dan pembentukan formatur kepengurusan baru. Belum lagi nanti dilanjut seremoni sertijab dan pelantikan lalu dilanjut dengan Muker, mulai hari minggu besok. Pokonya masih panjang lah,” terangnya.

Kepada wartawan Fajar Syamsudin mengatakan, dirinya siap membawa perahu Himakom dalam periode setahun ke depan. “Insha Allah saya akan siap nemimpin Himakom, tentunya semua itu harus didukung anggota juga dengan kompak,” imbuhnya.

Sementara Kaprodi Ilmu Komunikasi Unma Banten AD Kencana membenarkan bahwa mahasiswa binaannya yang tergabung dalam Himakom tengah melaksanakan kegiatan Mubes untuk kepengurusan baru.

“Iya, kita akan suport terus hal positif pada mahasiswa, diantaranya harus aktif dalam Ormawa. Dari sini mahasiswa nanti akan bisa membuat aturan organisasi yang akan mereka terapkan sendiri untuk program di lingkungannya, dan tentunya untuk pendewasaan mereka juga dalam akademik, turut membangun sosial kontrol dan pengabdian pada masyarakat,” papar AD Kencana.

(Usep).

Related posts