HMB Jakarta Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir di Lebak

KORANBANTEN.COM-Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) Jakarta bekerja sama dengan Bakso Atom Gintung menyalurkan bantuan logistik untuk masyarakat terjaring banjir dan longsor di Kecamatan Sajira, Lebak-Banten.

“Kami memfokuskan bantuan penyaluran logistik agar warga korban bencana tidak mengalami kerawanan pangan,” kata Rizki Irwansyah Ketua Umum HMB Jakarta, Senin (06/1/2020).

Read More

Penyaluran bantuan logistik itu antara lain beras, lauk pauk, minyak goreng, gula dan makanan, minuman siap saji, minuman kemasan serta susu bayi. Selain itu juga bantuan selimut, pakaian bekas, Masyarakat yang melanda Kecamatan Sajira dan tersebar di Desa Sukarame.

Saat ini, jumlah warga yang terdampak bencana banjir di kecamatan sajira tercatat 1720 jiwa, hunian hilang 42 rumah dan Masjid/madrasah 2. 

“Kami berharap bantuan logistik itu dapat mengurangi beban kebutuhan pangan masyarakat,” katanya.

Menurut dia, banjir yang merendam sejumlah desa di Lebak-Banten akibat luapan sejumlah sungai karena hujan lebat. Banjir tersebut akibat hujan lebat terjadi di kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNHGS) sebagai hulu Sungai Ciberang dan Cisimeut.

“Kami menduga bencana banjir itu akibat kerusakan alam di kawasan TNGHS,” lanjutnya.

Rizki Irwansyah berharap, masyarakat Lebak-Banten khususnya dapat belajar dari bencana yang menimpa Lebak hari ini. Masyarakat harus sadar bahwa bencana kali ini bukan semata-mata bencana alam tapi bencana ekologi. 

“Banjir dan longsor yang terjadi dilebak hari ini harus disadari merupakan bencana ekologi, bukan semata-mata karena hujan,” tutupnya. (GB/Rls).

Related posts