Kikis Faktor Lingkungan Yang Mempengaruhi Kesehatan Dengan Pelaksanaan TMMD 108

KORANBANTEN.COM –Menoleh sisi manfaat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dari pamandangan kesehatan masyarakat, menurut Kepala Bidang Pencegahan Penularan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr Maxi, sangat membantu dalam berbagi beban dengan Dinas Kesehatan.

Kepala Bidang Pencegahan Penularan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr Maxi menyampaikan kesehatan masyarakat dipengaruhi dengan empat faktor yaitu, faktor yang pertama genetik, atau keturunan, menyumbang sekitar 5 persen dari kesehatan masyarakat.

Read More

“Kemudian yang kedua dari faktor pelayanan kesehatan, yang kontribusinya hanya 20 persen, selanjutnya faktor yang ketiga prilaku dan, keempat faktor lingkungam yang mempengaruhi 75 persen dari tingkat kesehatan masyarakat,” ujar P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr Maxi.

dr Maxi menambahkan dengan adanya TMMD ini Maxi yakin, faktor prilaku dan lingkungan yang 75 persen itu, dapat dikikis habis oleh pelayanan kesehatan dan sosialisasi kedisiplinan prajurit TNI.vKalau berkaca kepada teori bloomb, tingkat kesehatan masyarakat itu dipengaruhi oleh empat faktor.

“Kalau faktir genetik sih saya kira sudah tidak dapat ditangani. Kemudian faktor pelayanan, meski kita menambah jumlah dokter, klinik, puskesmas dan rumah sakit, tetap hanya memiliki kontribusi 20 persen. Tetapi dengan kemanunggalan TNI bersama Rakyat dan Pemerintah Daerah, saya yakin semuanya bisa tuntas,” terang dr. Maxi kepada wartawan di Subang, Senin (13/7/2020).(**)

Related posts