Peran Media Dalam Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

KORANBANTEN.COM – Perkumpulan Urang Banten (PUB) Bidang Ekonomi menyelenggarakan Webinar Ekonomi dan Keuangan Syariah yang ke 22 dengan tema “Peran Media Massa Dalam Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah” pada tanggal 10 Desember 2020.

Hadir dalam Webinar tersebut antara lain Drs. Firdaus M. Si, selaku Waketum PUB Bidang Media dan Publikasi dan Ketua Umum SMSI Pusat, Tb. A Dadi Farid, Ketua PUB Kota Tangerang Selatan dan Direktur Utama Media Digital inanews.co.id sebagai nara sumber, dan Maksuni Husen, Pemimpin Redaksi Harian Kabar Banten sebagai Moderator. Hadir pula Prof. Tb. Nadjib, Waketum PUB Bidang Kebudayaan, Anang Rachmatullah SH, MH, Waketum PUB Bidang Sosial dan Keagamaan, dan Dr. Nihayatul Masykuroh, Dekan FEBI UIN Banten.

Read More

Dalam sambutannya, Firdaus mengatakan bahwa saat ini perkembangan ekonomi syariah sangat pesat dan Indonesia memiliki potensi pasar produk halal yang sangat besar mengingat mayoritas penduduknya adalah muslim. Beliau juga menegaskan bahwa media massa memiliki peran yang besar dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah tetapi diperlukan kerja sama dengan berbagai ormas.

Tb Dadi Farid selaku nara sumber menjelaskan bahwa hingga saat ini peran media masih kurang dalam upaya meningkatkan literasi masyarakat dibidang ekonomi syariah dan di era industri 4.0, dunia digital akan menjadi sarana yang sangat efektif dalam mengupayakan hal tersebut tetapi diperlukan kerjasama dengan berbagai institusi seperti pemerintah, perguruan tinggi untuk melakukannya. Dengan jumlah penduduk muslim mencapai 230 juta, Indonesia merupakan pasar yang sangat besar untuk produk-produk halal dan menjadi basis pengembangan potensi ekonomi syariah sebagai penggerak perekonomian.

Beliau juga mengatakan bahwa meskipun potensi ekonomi syariah sangat besar tetapi masih diperlukan upaya meningkatkan literasinya di masyarakat yang ini harus didorong oleh kalangan media.
Literasi yang baik akan dapat mendongkrak kesadaran masyarakat untuk beralih dari sistem ekonomi konvensional ke sistem ekonomi syariah, dari perbankan konvensional ke perbankan syariah.

Rizqullah selaku Waketum PUB Bidang Ekonomi mengatakan bahwa peran media sangat penting dalam upaya disseminasi informasi dan edukasi masyarakat tentang ekonomi dan keuangan syariah. Kalangan media perlu bekerjasama dengan pelaku ekonomi syariah dan untuk itu kami bermaksud untuk membangun sinergitas antara kalangan media dengan pelaku ekonomi syariah dan perguruan tinggi serta ormas-ormas islam.

Dekan Fakultasi Ekonomi dan Bisnis UIN Banten, Nihayatul Masykuroh, mengatakan bahwa pembahasan tentang ekonomi dan perbankan syariah sebenarnya sudah meningkat tetapi penyebarluasannya melalui media massa kepada masyarakat masih belum optimal.

Untuk itu diperlukan peran yang lebih besar lagi dari media massa dalam rangka peningkatan literasi masyarakat. Dr. Efi Syarifudin dari MUI Bidang Ekonomi mengatakan bahwa ruang di media massa dalam mempublikasikan ekonomi dan keuangan syariah masih terbatas dan sebaliknya pelaku ekonomi dan keuangan syariah juga belum optimal dalam memanfaatkan media massa.(rls)

Related posts