Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemkab Tangerang Gelar Upacara

KORANBANTEN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melaksanakan upacara guna memperingati hari lahir Pancasila. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh PJ. Bupati Tangerang, Komarudin, yang dilaksanakan di lapangan Upacara Maulana Yudha Negara Pusat Puspemkab Tangerang. Jum’at, (01/06/2018).

PJ Bupati Tangerang, Komarudin mengatakan, pada tahun ini merupakan upacara hari peringatan Pancasila yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, pada tahun ini peringatan hari lahir Pancasila ditetapkan sebagai hari libur Nasional. “Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia, para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan,” pungkasnya.

Read More

Kata Komarudin, Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. “Pada upacara ini, saya sengaja memakai seragam yang sama dengan peserta upacara, bukannya salah kostum akan tetapi saya ingin juga merasakan dan mengantusias kepada para ASN yang telah mengabdi dan bekerja dengan baik dan rela berpanas-panasan demi mengikuti upacara hari lahir Pancasila ini,” ujarnnya.

Ia berharap, pada bulan suci Ramadhan ini ASN agar tetap tenang, tidak risau atau pun gelisah. “Karena saya paham, dalam menghadapi hari lebaran nanti terdapat kebutuhan-kebutuhan yang sangat signifikan, mudah-mudahan dengan kebijakan perpres ini dapat menjawab kebutuhan-kebutuhan tersebut. Dan untuk para honorer atau magang, kami sedang mengkaji dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang untuk merumuskan agar para honorer ini pun mendapatkan tunjangan hari raya,” jelas Komarudin.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tangerang mengucapkan mohon maaf lahir dan batin, dan bagi yang ingin mudik agar berhati-hati dan semoga bisa kembali lagi dalam keadaan sehat wal’afiat, serta sampaikan salam saya kepada keluarga,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut,  Komarudin menyampaikan sambutan Presiden RI. “Sebentar lagi kita akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya.

Lanjut dia, pada peringatan hari lahir Pancasila di tahun 2018 ini, harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi, serta semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama. “Kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, belas kasih, dan saling menghargai dengan penuh empati, serta bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi, semangat gotong-royong untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat,” ucapnya.

Di sela-sela upacara tersebut, dilanjutkan PJ Bupati didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa menyerahkan tropi dan uang pembinaan desa kepada Juara 1 Desa Tanjung Burung Kecamatan Teluknaga, Juara 2 Desa Cibetok Kecamatan Gunung Kaler, dan Juara 3 Desa Gunung Sari Kecamatan Mauk. (Mulyadi)

Related posts