Rektor se-Kota Serang Komitmen Laksanakan Prokasih Cibanten

Koranbanten.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang, bersama 5 kampus lainnya di Kota Serang yakni Universitas Banten Jaya (UNBAJA), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, Universitas Serang Raya (UNSERA) dan Universitas Bina Bangsa (UNIBA) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Program Kali Bersih (Prokasih) Cibanten yang dihelat di Ruang Direktur Lantai 2 UPI Kampus Serang. Ini merupakan komitmen bersama untuk merealisasikan Prokasih Cibanten. Senin (01/04/2019).

Hadir dalam Rapat Koordinasi ini Direktur UPI Kampus Serang Drs.H.Herli Salim, M.Ed., Ph.D, Rektor UNTIRTA Prof.Dr.H. Sholeh Hidayat, M.Pd, Rektor UIN SMH Banten Prof. Dr.H.Fauzul Iman, MA, Rektor UNBAJA Dr.Sudaryono, SP., M.Pd, Rektor UNSERA Dr.H.Hamdan, M.M, Rektor UNIBA Dr.H.Furtasan Ali Yusuf, SE, S.Kom, MM, Relawan Prokasih unsur masyarakat Dra.Hj.Ita Suhuda Ekayati, M. Pd, Relawan Prokasih unsur Dosen Dra.Hj.Susilawati, M.Pd, Relawan Prokasih unsur mahasiswa Mia Komariah, dan perwakilan Ikatan Keluarga Orang Tua Mahasiswa (IKOMA) UPI Serang Partini.

Read More

Direktur UPI Kampus Serang, Herli Salim dalam sambutannya mengatakan, rapat koordinasi ini merupakan follow up dari beberapa pertemuan sebelumnya dan sharing pendapat terkait hal-hal yang perlu dilakukan selanjutnya.

“Pertemuan ini adalah tindak lanjut dari pertemuan dan kesepakatan kita sebelumnya. Keadaan dan kualitas Sungai Cibanten sudah sangat memburuk, sangat memprihatinkan. Kita sebagai akademisi harus mau bergerak aktif dalam upaya memperbaiki dan melestarikannya kembali. Berangkat dari hal tersebut, kami tidak akan bisa bergerak sendirian. Oleh karena itu, kami berkeliling ke kampus-kampus yang ada di Kota Serang untuk memperkenalkan, berkoordinasi dan mengajak ikut andil dalam Prokasih Cibanten ini,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Rektor UNBAJA Sudaryono mengatakan, para akademisi harus bisa berbuat banyak dalam upaya melestarikan lingkungan hidup.

“Kita sebagai akademisi memang harus bisa berbuat dan berpartisipasi secara nyata dalam upaya melestarikan lingkungan. Pihak kami sudah berkoordinasi dengan pihak pemerintah, dan mereka menyambut baik akan cita-cita kita ini,” ujar Sudaryono.

Senada, mewakili Rektor UNIBA, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr.Budi Ilham Maliki, S.Pd., M.M, pihaknya sepakat untuk melanjutkan kerjasama Prokasih ini.

“UPI sudah berhasil mengawali dan menggawangi niat baik ini dalam melestarikan lingkungan. Kami siap berkontribusi untuk mengambil bagian dan ikut andil dalam cita-cita bersama ini,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UNTIRTA Dr.H.Fatah Sulaiman, ST., MT menilai, hal tersebut tugas manusia untuk terus memelihara kebersihan lingkungan.

“Tidak hanya bersih dan lestari, Sungai Cibanten jika kita berhasil merawat dan melestarikannya, kami kira nanti bisa menjadi destinasi wisata yang tidak kalah dengan wisata yang ada diluar negeri,” pungkasnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN SMH Banten, Dr.H.Wawan Wahyuddin, M.Pd menambahkan, butuh kerjasama yang solid dari berbagai elemen untuk merealisasikan Prokasih ini.

“Andaikan saja semua berkomitmen untuk terjun tangan, kami yakin Sungai Cibanten akan kembali bersih. Kita perlu ajak elemen lain, dari instrumen-instrumen yang ada di Banten. Kami berharap, ini tidak hanya berhenti pada keberhasilan kalinya saja, tetapi semua lingkungan, baik darat, air maupun udara. Penting juga kita ikut andil dalam mengkatkan kualitas SDM kita di usia produktif. Jadi perlu kita perluas,” paparnya.

Bincang rakor ini diakhiri membentuk perencanaan audiensi dengan pihak pemerintah. Melalui sinergi dengan kalangan akademisi Upi kampus Serang, UNBAJA, UNSERA, UNIBA UIN SMH Banten , dan UNTIRTA serta menggandeng dinas dan pemerintah terkait, diharapkan kegiatan Prokasih mampu memberikan teladan dan menumbuhkan kesadaran lingkungan khususnya masyarakat Kota Serang.(Man/Rls)

Related posts