Sinergi Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera

KORANBANTEN.COM – MCCI Grup bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Ketahanan Pangan Meresmikan Program Kebun Gizi di Kelurahan Gerem

Selasa, 8 Oktober 2019 bertempat di Lingkungan Kagungan, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, PT Mitsubishi Chemical Indonesia dan PT MC PET Film Indonesia (selanjutnya disebut MCCI Grup) bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kota Cilegon dan Dinas Kesehatan Kota Cilegon melalui Puskesmas Grogol meresmikan program Kebun Gizi.

Read More

Peresmian program dihadiri oleh Manajer Divisi Administrasi PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI), Bapak Djadja Tedjasukmana; perwakilan manajemen PT MC PET Film Indonesia (MFI), bapak Dida Faluda; Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, dr. Arriadna; Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Ir. Wawan Hermawan, MM; Ketua CCSR Kota Cilegon, Bapak Huluful Fahmi; Camat Grogol: H. Hudri, S. Ag., MM; kepala Puskesmas, drg. Pebiant Damayanti; kapolsek Pulomerak, Kompol Supandriatna; Danramil Pulomerak: Mayor Inf. Dudi Dwiriadi, Lurah Gerem: Deni Yuliandi, SE dan masyarakat sekitar.
Tujuan dilaksanakannya program ini adalah untuk mensinergikan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dengan program pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Program Kebun Gizi ini merupakan sebuah kebun percontohan yang dapat berfungsi sebagai tempat edukasi dan berkumpul masyarakat; tempat bercocok tanam berbagai jenis sayuran, buah-buahan dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA); tempat beternak ayam dan ikan, tempat membuat pupuk kompos, dsb.

Hasil kebun dan ternak dapat dikonsumsi oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga, selain itu dapat juga hasil panen dapat diolah lalu dijual untuk menjadi tambahan pendapatan masyarakat. Program Kebun Gizi dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Sedap Malam yang sebagian merangkap sebagai kader posyandu juga.

Dalam mengelola Kebun Gizi, KWT Sedap Malam didampingi oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Cilegon untuk mengurus kebun dan ternak, didampingi ahli gizi dari Puskemas Grogol untuk mengolah makanan dan mengkonsumsinya agar mendapatkan gizi seimbang untuk keluarga, serta didamping oleh MCCI Grup untuk mengolah hasil panen agar memiliki nilai tambah dan membantu memasarkannya.

Kedepannya, Kebun Gizi akan diterapkan juga dipekarangan rumah masyarakat, agar manfaatnya dapat lebih luas dan jumlah penerima manfaat bertambah.

Djadja Tedjasukmana, Manajer Divisi Administrasi PT Mitsubishi Chemical Indonesia, selaku perwakilan dari MCCI Grup dalam sambutannya menjelaskan bahwa MCCI Grup memiliki 3 pilar prioritas dalam melaksanakan program CSR, yaitu Kesehatan, Pendidikan dan Pengembangan Ekonomi. Program kebun Gizi ini merupakan integrasi dari ketiga pilar tersebut. Saat ini Kebun Gizi diharapkan dapat menjadi pusat edukasi dan pelatihan masyarakat, lalu hasil kebun gizi dapat diolah untuk dikonsumsi masyarakat agar tingkat kesehatan masyarakat dapat meningkat dan kedepannya diharapkan hasil kebun gizi dapat diolah dan dijual untuk dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sejalan dengan itu, dr.Arriadna, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon menyampaikan bahwa program kebun gizi ini merupakan sebuah inovasi sebagai salah satu upaya meningkatkan pembangunan kesehatan masyarakat.

Hal ini penting karena penerus kota Cilegon akan menjadi seperti apa, salah satunya tergantung dari pola makan yang diberikan oleh orangtuanya. Mewakili Masyarakat Lingkungan Kagungan, Bapak Maryusup selaku Ketua RT 02/RW 06 Kelurahan Gerem mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada MCCI grup, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang telah peduli dengan masyarakat lingkungan kagungan, Gerem. Semoga kegiatan ini banyak hikmahnya, agar membawa berkah untuk masyarakat. Dan diharapkan kedepannya, perusahaan lain turut mengikuti MCCI grup membuat program yang berkelanjutan.(Rls/**)

Related posts