SKIPM Merak Banten Gelar Aksi Tanam Pohon Mangrove dan Bebersih

Labuan – Stasiun Karantina Ikan & Mutu (SKIPM) Merak Banten menyelenggarakan aksi tanam pohon mangrove, bibit kelapa dan bersih-bersih Pantai Bentengan di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Rabu (26/5/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Dinas Perikanan (Kadiskan) Kab. Pandeglang Suaedi Kurdiatna, Dandim 0601/Pandeglang Letkol Kav. Dedi Setiadi, Kapolres Pandeglang AKBP Hamam Wahyudi, S.H.S.I.K.M.H. dan Kajari Pandeglang.

Read More

Kadis Perikanan Kabupaten Pandeglang, Suaedi Kurdiatna mengatakan, pohon mangrove berfungsi untuk menahan erosi dan abrasi pantai. Selain itu menahan sedimentasi secara periodik serta penyangga proses intrusion atau rembesan air laut ke darat.

“Mari kita jaga dan rawat kelestarian pantai secara bersama,” katanya.

Dia juga mengingatkan agar berbagai pihak turut menjaga kebersihan pantai agar terlihat indah dan nyaman sehingga menjadi daya tarik pengunjung untuk datang.

Jika wisatawan ramai berkunjung, berdampak baik terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahtraan masyarakat yang ada di wilayah pesisir pantai.

Dandim 0601/Pandeglang Letkol Kav. Dedi Setiadi mengatakan, setiap tahun pihaknya melakukan penananam pohon baik itu di pesisir pantai maupun di wilayah pegunungan.

“Koramil jajaran Kodim 0601/Pandeglang saat ini juga sedang melakukan pembibitan berupa pohon ketapang yang nantinya akan di tanam di wilayah pesisir pantai,” ungkapnya, seperti dilansir satubanten.com.

Hal ini seperti yang pernah dilakukan bulan September tahun lalu dengan kegiatan karya bakti skala besar. Yakni, penanaman pohon sebanyak 7.000 batang sepanjang 16 kilo meter di Pesisir pantai.

Pohon yang ditanam meliputi 4.800 batang pohon jenis Ketapang, Kelapa 1.200 batang, Mahoni 700 batang dan trambesi sebanyak 300 batang.

“Mari kita jaga kelestarian alam, suatu saat nanti alam akan menjaga kita,” pesan Letkol Kav Dedi Setiadi. (*/cr1)

Related posts