Sukses Raih WBK/WBBM, Ini Tips Srikandi Pemimpin Kantor Imigrasi Tangerang

Menjadi wanita karir merupakan sesuatu yang tidak mudah, hal itu cukup dirasakan oleh Felucia Sengky Ratna, salah satu Kepala Kantor Imigrasi Tangerang yang sukses meraih berbagai prestasi, salah satunya prestasi yang sangat bergengsi yaitu WBK/ WBBM.

Sengky, sapaan akrab Kepala Imigrasi Tangerang, lahir di Salatiga Jawa Tengah, pada 29 September 1979, mulai bergabung dalam dunia keimigrasian pada tahun 2000 dengan mendaftar sekolah kedinasan yaitu Akademi Keimigrasian dan lulus pada tahun 2003. Usai lulus sebagai Taruni Imigrasi, Sengky mendapatkan tugas pertama di Protokol Direktorat Jendral Imigrasi, serta mendapat beasiswa untuk menuntut ilmu di Universitas Padjajaran.

Read More

Sengky mengatakan, pada awalnya, ada kerabat yang menceritakan tentang sekolah imigrasi di Jakarta, padahal waktu itu dirinya sudah menjadi mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah dan sudah hampir lulus, kemudian mendapat dorongan dari orangtua, untuk sekolah di Akademi Imigrasi.

“Usai menjalani karir pertama di Ditjen Imigrasi, saya melebarkan sayap karir di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, setelah itu pindah lagi ke Kantor Imigrasi Palembang, kemudian ke Kantor Imigrasi Surakarta, hingga kembali bertugas di Ditjen Imigrasi karna mendapat promosi,” katanya.

Selesai mengemban tugas di Ditjen Imigrasi, sengky kembali bertugas di Kantor Imigrasi Jakarta Barat, kemudian menjabat sebagai kepala Kantor Imigrasi Tangerang sampai saat ini. Telah diketahui bahwa Kantor Imigrasi Tangerang sudah meraih predikat WBK/WBBM, dan di Provinsi Banten hanya 1 yang meraih predikat WBBM yaitu kantor Imigrasi Tangerang. Ini menjadi prestasi yang sangat luar biasa.

Sengky menjelaskan, dalam meraih predikat WBK/WBBM, tantangannya ada di SDM.

“Karena bagaimana kita menggerakan, mempengaruhi SDM disini, karna itu merupakan tantangan terberat dan itu belum tentu satu visi dan misi,” ujarnya.

“Kalo punya visi misi yang sama pasti tidak akan sulit, ini beberapa diantara kita ada saja yang tida sepemikiran dan itu menjdi tantangan. Tahun 2021 kita mengoptimalkan apa yang sudah kita capai, saya selalu mengingatkan temanteman untuk selalu semangat dalam bekerja,” imbuh dia.

Kantor Imigrasi Tangerang memiliki 12 inovasi pelayanan publik, dari inovasi tersebut lebih banyak di layanan dan di 2021 Imigrasi Tangerang mencoba untuk mengedepankan pengawasan, saat ini pelayanan sudah sangat optimal. Pelayaan di Imigrasi Tangerang sudah sangat mudah, sudah berbasis digital jadi prosesnya sangat mudah.

Di Tangerang Imigrasi mempunyai ULP di wilayah Tangerang Selatan, mempunyai Gerai di Mall Tangcity, punya 2 Imigrasi Corner yang terletak di kampus Binus dan di Universitas Pelita Harapan. Kantor Imigrasi Tangerang memiliki 117 pegawai, disisi lain, kepada wanita di Indonesia, Sengky berharap para wanita harus berani menentukan apa yang menjadi pilihan dan konsisten dengan apa yang telah di pilih. (*/cr7)

Sumber: banten.siberindo.co

Related posts