Tingkatkan Skill Kewirausahaan, Prodi Magister Manajemen Pascasarjana Untirta Gelar Kuliah Pakar

KORANBANTEN.COM – Dalam rangka meningkatkan wawasan civitas akademika di bidang kewirausahaan, Program Studi (Prodi) Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar Kuliah Pakar yang dihelat di Gedung A Lt.4 Untirta. Sabtu (21/09/2019).

Kuliah Pakar yang bertajuk “Tantangan dan Strategi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Persaingan Global di Era Digital” ini menghadirkan pakar di bidang Kewirausahaan dari Universitas Riau, Prof. Dr. H. Zulkarnain, SE, MM.

Read More

Hadir dalam Kuliah Pakar ini Direktur Pascasarjana Untirta Dr.H. Suherman, M.Pd, Ketua Prodi Magister Manajemen Pascasarjana Untirta Dr. Aan Khurosani, MM, sekretaris Prodi, para Dosen dan kurang lebih 80 mahasiswa Magister Manajemen.

Ketua Prodi Magister Manajemen Pascasarjana Untirta, sekaligus selaku Ketua Pelaksana, Aan Khurosani dalam laporan mengatakan, kuliah pakar ini adalah program rutin setian tahun bagi Prodi Magister Manajemen Pascasarjana Untirta.

“Alhamdulillah Kuliah Pakar ini terealisasi dengan baik sesuai rencana, untuk kita manfaatkan dengam baik, menggali semua informasi yang didapatkan dari narasumber. Kegiatan ini dilakukan, salah satunya adalah sebagai bekal pengabdian kepada masyarakat bagi mahasiswa dan dosen untuk membantu membina UMKM yang ada di Banten,” ujarnya.

Tujuan dari kuliah pakar ini, Ia menambahkan, adalah untuk mengetahui gambaran bagaimana Tantangan yang terjadai pada UMKM dan Strategi apa dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam persaingan Global di Era digital pada saat ini, Mampu memberikan Knowledge sharing kepada pelaku UMKM terutama bagi dosen dan mahasiswa sebagai wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi bidang pengabdian kepada masyarakat. Terinpirasi menjadi pelaku UMKM yang mampu bersaing diera global dengan menggunakan sarana digital.

Direktur Pascasarjana Untirta, Dr.H. Suherman, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, hari ini merupakan salah satu kegiatan pendukung untuk Prodi Magister Manajemen ini mendapatkan nilai akreditasi.

“Selain itu juga mahasiswa bisa meningkatkan kompetensinya melalui materi-materi yang disampaikan oleh para pakar. Dr. Suherman
Semoga kuliah pakar ini berjalan sangat lancar hingga selesai dan memberikan input pengetahuan yang bisa dicerna oleh mahasiswa sekalian,” paparnya.

Narasumber Kuliah Pakar, Prof. Dr. H. Zulkarnain, mengatakan bahwa UMKM di era global ini, kalau mau tetap eksis dan berkembang harus memanfaatkan sarana digital.

Saat ini beberapa jenis model bisnis dan pekerjaan di Indonesia sudah terkena dampak dari arus era digitalisasi toko konvensional yang ada sudah mulai tergantikan dengan model bisnis marketplace.

“Taksi atau Ojek tradisional posisinya sudah mulai tergeserkan dengan moda-moda berbasis online,” ujarnya.

“Oleh karena itu tugas dosen dan mahasiswa untuk mendampingi UMKM agar mereka tahu bagaimana strategi memasarkan produk melalui sarana digital,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu peserta kuliah pakar, Siti Nurnilasari, mahasiswa semester 1 Prodi Magister Manajemen Untirta mengapresiasi kegiatan kuliah pakar ini.

“Kuliah pakar ini baik karena memberikan kita wawasan terkait bagaimana memulai usaha mikro, bagaimana menyiapkan modal dan jejaring investor,” ungkapnya.(man)

Related posts