Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Anggota DPR RI, Fadli Zon: Kapolda Jawa Timur Seharusnya Dicopot

JAKARTA – Anggota DPR RI, Fadli Zon mengatakan bahwa Kapolda Jawa Timur, Irjen Nico Afinta seharusnya dicopot juga atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Sebab, hal tersebut sebagaimana keinginan masyarakat.

“Kalau saya lihat sih harusnya Kapolda juga diganti aja, kan itu aspirasi masyarakat juga. Jadi harus sensitif lah melihat gitu,” kata Fadli di Gedung DPR pada Rabu, 5 Oktober 2022.

Read More

Sebenarnya, kata dia, di luar negeri itu kalau memang betul bertanggung jawab langsung mengundurkan diri bukan menunggu dicopot. Jadi, masih revolusi mentalnya itu jalan di mana mereka mengundurkan diri, baik Kapolres maupun Kapolda.

“Kita kan tidak ada tradisi itu. Ya paling enggak harusnya tradisinya, tradisi malu lah kalau gagal. Tapi ternyata malu pun udah enggak ada, gitu. Harusnya ada yang bertanggung jawab,” ujar Ketua BKSAP DPR ini.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat pada Senin, 3 Oktober 2022. Ferli dicopot buntut dari kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Jawa Timur pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Kini, Ferli dimutasi sebagai perwira menengah (pamen) Staf Sumber Daya Manusia (SDM) Polri. Sementara, jabatan Kapolres Malang Kabupaten saat ini diisi oleh AKBP Putu Kholis Aryana yang sebelumnya menjabat Kapolres Tanjung Priok wilayah hukum Polda Metro Jaya. (Red).

Related posts