UT Serang Akan Buka Program Doktoral

KORANBANTEN.COM – Universitas Terbuka (UT) Serang, berencana membuka dua program Doktoral (S-3) pada tahun ini. Kebijakan ini ditempuh untuk mendongkrak kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khusunya di Kota Serang, unumnya di Provinsi Banten.

Direktur Universitas Terbuka (UT) Serang, Maman Rumanta mengatakan, dua program Doktoral (S-3) yang akan dibuka di UT diantaranya Program Doktor Administrasi Publik dan Program Doktor Ilmu Management.

Read More

“Program Doktoral (S-3) yang akan di buka di UT dalam waktu dekat ini adalah, Program Doktor Administrasi Publik dan Program Doktor Ilmu Management,” ujar Maman saat ditemui di Kantornya, Selasa (3/9/2019).

Meski demikian lanjut Maman, pihaknya masih menunggu persetujuan dari pihak Kementrian Riset Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia lantaran telah masuk dalam proses Evaluasi atau kesiapan sarana prasarana dan SDM Universitas.

“Saat ini kita masih menunggu persetujuan dari Kemenristekdikti RI, dan saat ini sudah masuk dalam proses Evaluasi untuk kesiapan Sarana Prasarana dan SDM,” jelasnya.

Maman mengaku, rencama pembukaan dua program Doktor tersebut, pihaknya telah menerima banyak dukungan dari berbagai pihak yang siap menjadi Tutor atau pembimbing.

“Terkait rencana program doktoral itu, kami banyak menerima dukungan, seperti dukungan dari Untirta, LAN, UI, ICMI, LIPI dan beberapa pihak lainya di Banten. Sedangkan untuk mendapatkan Izin dari Kemenristekdikti, UT harus menyiapakan peserta paling banyak dua kelas, dengan minimal peserta sebanyak 10-15 orang,” ucapnya Maman.

Oleh karena itu, dirinya mengaku telah menyiapkan segala sesuatunya agar semuanya dapat disetujui  untuk Program Doktoral (S-3) di Kota Serang.

“Kalo dari kesiapanya, kami sudah menyiapkan segala sesuatunya dan insya allah semuanya sudah memenuhi,” terangnya.

Apabila beberapa persyaratan yang dimaksud telah dapat di setujui, maka pada bulan Oktober dan November nanti pendaftaran program doktroal akan dibuka secara resmi.

“Insya allah, kalo semuanya sudah dapat disetujui oleh Kemenristekdikti, maka pada bulan Oktober dan November nanti kita akan buka pendaftaran untuk program Doktoral itu secara resmi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kelebihan yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka (UT) Kota Serang yakni proses belajar yang lebih mudah yang berimbas terhadap mahasiswanya lebih mandiri. Apalagi UT telah ada di semua provinsi di Indonesia dan tersedia di 39 neagara di Dunia sepeeti Malaysia, Hongkong, Taiawan Arab Saudi, Korea hingga ke Amerika Serikat.(Opik/Rohman)

Related posts