Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten Gelar Lomba Fotografi

koranbanten.com-Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten (BPCB) kembali menggelar rangkai acara lanjutan pekan cagar budaya 2016. Salah satu rangkaian acara tersebut adalah lomba fotografi yang mengusung tema benda-benda musium bertempat di Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama yang diikuti oleh seratus peserta profesional dan pemula.

Dalam cara tersebut Drs.Zakaria Kasimin, Kasie P3 (BPCB) mengatakan bahwa legitan tersebut merupakan salah satu upaya Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten untuk terus meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap cagar budaya yang ada di Banten. “salah satu bentuk kecintaan terhadap sejarah adalah dengan mencintai dan merawat cagar budaya yang merupakan peninggalan sejarah yang sangat berharga” Ungkap Zakaria Kasimin, Kasie P3 BPCB Banten kepada wartawan fajar banten, 14/08.

Warisan budaya dan cagar budaya merupakan salah satu kekayaan daerah yang memiliki kekhasan terendiri. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki warisan budaya dan cagar budaya yang berbeda dan unik. Keunikan ini menjadi kekayaan lokal dan bahan bagi tumbuh-kembangnya nasionalisme melalui warisan budaya dan cagar budaya.

Masyarakat mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengenalkan cagar-cagar budaya yang ada.Salah satu potensi untuk meningkatkan pariwisata adalah dengan mengenalkan cagar budaya. “Selain ikut serta mengenalkan cagar budaya, masyarakat juga ikut andil dalam melestarirkannya”Seru Fajar Satya Burnama, ketua pelaksana pekan cagar budaya.(Aang/Niko)⁠⁠⁠⁠