Festival Marawis Bangun Citra Positif WBP Rutan Rangkasbitung

Koranbanten.com – Lantunan syair-syair islami menggema di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Maghfiroh Rumah Tahanan Negara Klas IIB Rangkasbitung, rupanya hal tersebut merupakan kegiatan Festival Marawis antar Ponpes se-Kabupaten Lebak, yang berlangsung di Lapangan serbaguna Rutan Rangkasbitung, sabtu (29/04).

Kepala Rutan Rangkasbitung Sigit Budianto menjelaskan kepada koranbanten.com, acara tersebut bertujuan untuk reintegrasi sosial antara Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan masyarakat. Sehingga diharapkan, narapidana yang telah selesai menjalani masa hukumannya bisa mudah berbaur dengan masyarakat

“Kita punya tim marawis yang menjadi wadah bagi para warga binaan memperdalam keterampilannya,” ujar Sigit.

Kata Sigit dilibatkannya masyarakat dalam acara tersebut sekaligus untuk menunjukan bahwa di Rutan Rangkasbitung memiliki banyak program pembinaan yang positif.

“Agar masyarakat bisa melihat langsung bagaiamana kondisi di dalam rutan yang oleh sebagian banyak orang masih dianggap sebagai tempat menyeramkan. Padahal, kehidupan warga binaan tetap kita bina dan kedepankan Ukhuwah Islamiyah,” paparnya kepada koranbanten.com.

Ketua pelaksana, Samsu mengatakan, festival marawis digelar sekaligus memperingati Isra Mikraj dan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-53. Jika selama ini rutan dianggap tempat yang negatif, namun dengan kegiatan tersebut masyarakat bisa melihat langsung bahwa di dalam tak seperti yang dibayangkan.

“Dari lantunan ayat-ayat suci Alquran semoga memberikan pencerahan dan ketenangan jiwa kepada warga binaan dan berjanji pada dirinya sendiri tak lagi mengulang kesalahannya,” tutupnya.

Senada dengan ungkapan tersebut, salah satu peserta Festival marawis, Mei LDK La Tansa Mashiro Rangkasbitung, menyampaikan rasa kagumnya terhadap pelaksanaan festival marawis di Rutan Rangkasbitung ini.

“kegiatan disini sangat luar biasa, positif sekali, selama menyaksikan peserta lain tampil, para santriwan/santriwati Al-Maghfiroh Rutan Rangkasbitung menunjukan sikap yang ramah sekali. Selain itu, tim marawisnya juga ada, dari warga binaan semua, sungguh luar biasa, kreatif sekali rutan Rangkasbitung”, pungkasnya.

Sebagai informasi Juara pertama diraih oleh Tim Marawis Ponpes Al-Hidayah, Tim Marawis Tafrijul Akham sebagai juara kedua dan juara ketiga Tim Marawis Mabdaul Hidayah. (dede/yoga)