Karutan Rangkasbitung dan Kapolres Lebak Bahas Penguatan Pengamanan Rutan Rangkasbitung

koranbanten.com – Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Rangkasbitung, Sigit Budiyanto menguraikan, pentingnya memperkuat dukungan dari mitra kerja penegak hukum terutama dengan Kepolisian Resort Lebak. “Selain melakukan fungsi perawatan dan pelayanan tahanan, kami juga membina narapidana yang ada, sementara kami kekurangan petugas pembinaan dan kekurangan pengamanan” terang Sigit.

Penjelasan tersebut ia sampaikan saat menerima kunjungan Kepolisian Resort Lebak AKBP Dani Arianto beserta jajarannya ke Rutan Rangkasbitung, Rabu (10/05). Kunjungan tersebut sangat penting mengingat kondisi terkini di beberapa wilayah lain sedang menjadi issue nasional yang menyita perhatian masyarakat seluruh Indonesia.

“Pak Kapolres dan jajaran terima kasih sudah mau berkunjung, seperti pepatah ‘bak gayung bersambut’, kemaren kami minta untuk diagendakan pertemuan dengan Polres Lebak dan hari ini pak Kapolres menyambutnya dan berkunjung ke Rutan.”Ujar Karutan asal Sragen ini kepada koranbanten.com.

Diakuinya, Di tengah keterbatasan petugas, Rutan Rangkasbitung menyadari tugas pembinaan dan pengamanan di sini tidak dapat dilakukan oleh sendiri-sendiri. “Meskipun jumlah tenaga pengamanan kurang, dan saat ini over kapasitas, akan tetapi kami selalu berupaya untuk menjadi situasi tetap dalam keadaan aman dan kondusif, para Warga BInaan Pemasyarakatan (WBP) mendapatkan hak-haknya dengan baik dan tercipta suasana harmonis dan kekeluargaan antara petugas dan WBP,” harap Sigit.

Sementara Kapolres Lebak AKBP Dani Arianto menyampaikan bahwa ia beserta jajaran ke Rutan Rangkasbitung untuk silaturahmi dan memperkuat kerja sama dengan Rutan Rangkasbitung.

“Saya mengapresiasi tugas berat petugas Rutan, di tengah keterbatasan petugas dan over kapasitas WBP, oleh karena itu Polres Lebak siap mendukung Rutan Rangkasbitung untuk memperkuat pengamanan, kami akan jadikan Rutan Rangkasbitung sebagai titik sambang patroli rutin dari tim sabhara Polres Lebak dan Polsek Rangkasbitung. agar ini berkelanjutan dan konsisten, kedepan kita dapat menyepakati dalam sebuah perjanjian kerjasama Polres Lebak dengan Rutan Rangkasbitung, insyaallah Rutan Rangkasbitung dan wilayah Lebak akan selalu aman dan kondusif,” janji Kapolres Lebak kepada koranbanten.com.

Menanggapi Pernyataan Kapolres dan rombongan, Karutan menyambut hangat silaturahmi dan respon baik tersebut, selanjutnya akan ada pembahasan draft Perjanjian Kerjasama antara dua instansi tersebut. (dede)