Rilis Kunker Wagub DAS Way Seputih

koranbanten.com – Wakil Gubernur Bachtiar Basri beserta rombongan, Selasa (12/4) mengunjungi Daerah Aliran Sungai Way Seputih, Kabupaten Tulang Bawang. Tujuannya guna menginventarisir potensi program / kegiatan dalam rangka pengembangan ekonomi terpadu (DAS) Way Seputih yang akan dilaksanakan pada TA. 2016 dan TA. 2017 serta program lanjutan.
Dijelaskan Karo Humas dan Protokol Bayana, dalam kunjungan tersebut Wakil Gubernur berdiskusi seputar perencanaan pengembangan potensi Daerah Aliran Sungai Way Seputih, bersama seluruh pihak/Dinas terkait. “Potensi Aliran sungai yang membelah Kabupaten Lampung Tengah – Lampung Timur -Tulang Bawang, menyimpan banyak Sumberdaya yang harus kita manfaatkan untuk kemajuan perekonomian masyarakat,” ujar  Wagub.
Dalam kunjungan tersebut Wakil Gubernur didampingi Staf Ahli Bidang Pembangunan Fahrizal Darminto, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Adeham dan Kepala satuan kerja terkait.
Dalam diskusi tersebut dibahas, potensi yang terdapat di Way Seputih dan dapat dikembangkan sebagai daerah pusat pertumbuhan dengan mengintegrasikan potensi ekonomi. Upaya ini perlu didukung oleh fasilitas-fasilitas insfrastruktur antara lain sarana irigasi dan transportasi termasuk didalamnya jalan dan jembatan, pelabuhan / dermaga serta aktivitas ekonomi dalam rangka meningkatkan nilai tambah produk-produk yaitu kegiatan pengolahan dan Peningkatan Akses Pasar. “Pengembangan kawasan (DAS) Way Seputih juga sangat mendukung pengembangan pariwisata di Provinsi Lampung  yang akan terintegrasi dengan Taman Wisata Way Kambas,” kata Wakil Gubernur.
Ditambahkan Kabag Humas Heriyansyah dengan menggunakan kapal Patroli Pol.Airud dan Speed Boat Wakil Gubernur mengunjungi Pelabuhan Cabang – Lampung Tengah, Lahan Cetak Sawah Baru Dente Teladas- Tulang Bawang Saluran Irigasi, Sungai Way Seputih – Muara Seputih, Lokasi normalisasi Muara Seputih yang berbatasan langsung dengan laut Jawa dan alur laut kepulauan indonesia (ALKI).
DAS Way Seputih Hulu merupakan sungai yang terletak di Kabupaten Lampung Tengah, memiliki luas 175,28 km2.  Adapun Sungai Way Seputih sebagai sumber dan sentral pengembangan kawasan pertumbuhan baru Timur Lampung dan telah ditetapkan sebagai wilayah sungai strategis nasional tahun 2012, pungkas Kabag Humas. (Rls)