Gencar Virus Corona, 49 TKI Asal Pandeglang Telah Berangkat

KORANBANTEN.COM – Gencarnya virus corona yang menimpa Warga Negara Indonesia (WNI) tidak menyulitkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Pandeglang untuk berangkat ke sejumlah Negara.

Terhitung pada bulan Januari hingga Februari 2020 sekita 49 orang TKI Asal Pandeglang telah berangkat ke beberapa negara diantaranya Malaysia, Hongkong dan Taiwan.

Read More

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Pandeglang Dadun Kohar mengatakan, pemberangkatan 49 TKI asal Pandeglang belum bisa di berhentikan sementara karena memang kuotanya masih ada dan Kementerian Ketenagakerjaan belum memberikan himbauan.

“Saya sudah sampaikan ke teman-teman yang mau berangkat bahwa banyak isyu virus corona, apakah kalian tidak takut, tetapi mereka sudah bulat ingin berangkat, “katanya.

Untuk sementara ini, kata Dadun, Disnakertrans Pandeglang melakukan upaya himbau saja terutama bagi TKI yang berada di luar negeri untuk mengindari keramaian dan menghindari orang yang terimpeksi virus corona.

“Jadi kita waspada saja, kalau kita pulangkan ya belum habis kontrak, tetapi kalau memang sudah banyak di satu daerah terkena virus corona tidak menutup kemungkinan pemerintah pusat akan memulangkan mereka, “Ungkapnya.

Untuk pencegahan pemberangkatan, dirinya berharap Pemerintah pusat merekomendasikan bagi mereka yang ingin bekerja keluar negeri. “Kita siap menghentikan rekomendasi bagi mereka yang ingin bekerja keluar negeri apabila ada himbauan dari pemerintah pusat,”ujarnya

Untuk perlindungan WNI bukan hanya Disnaker saja akan tetapi melibatkan intansi lain. “Saya himbau kepada mereka kalau ada sesuatu terjadi di sana segera menghubungi KBRI, “terangnya (Asp)

Related posts