Jalani Puasa Tanpa Lemas, Konsumsi Makanan Berserat Ketika Sahur dan Buka Puasa

KORANBANTEN.COM – Ramadan tinggal menghitung hari, banyak orang sudah tidak sabar menjalani ibadah puasa. Lantas, bagaimana caranya agar tubuh tidak lemas saat Ramadan?

Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK membagikan tips memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum berpuasa. Dengan asupan makanan yang bijak, tentunya Anda bisa tetap produktif dan tidak lemas saat berpuasa.

Read More

“Kebutuhan kalori orang dewasa berkisar antara 1.500-2.500 kkal per hari. Kebutuhan tersebut tentu disesuaikan dengan aktivitas dan berat badang seseorang. Agar tubuh tetap fit dan produktif selama berpuasa, tidak dianjurkan mengurangi dan menambahkan asupan kalori. Anda justru harus memerhatikan asupan nutrisi supaya terhindar dari masalah kesehatan,” kata Dr. Jovita di Jakarta, Minggu (6/5/2018).

Selain membeberkan tentang kadar kalori yang dibutuhkan tubuh, Dr. Jovita juga mengatakan lima tips memilih makanan dan minuman yang dapat menunjang produktivitas saat berpuasa.

1. Hindari konsumsi kafein, serta makanan dan minuman manis secara berlebihan.

2. Untuk pemenuhan kebutuhan energi, pilih karbohidrat kompleks dari makanan berbahan gandum, buah-buahan seperti pisang dan umbi-umbian.

3. Untuk menghindari rasa begah, hindari mengonsumsi gorengan dan santan berlebih saat berbuka

4. Untuk mencegah sembelit, penuhi kebutuhan serat harian dari sayur-sayuran.

Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, penuhi kebutuhan cairan dengan meminum air minimum delapan gelas. Dua gelas saat sahur dan berbuka, dua gelas setelah makan malam dan dua gelas sebelum tidur.

Dr. Jovita berpesan supaya masyarakat menghindari makanan yang berminyak. Pasalnya, makanan berminyak akan mempermudah pengosongan lambung yang akan menyebabkan asam lambung naik. Minuman berkarbonasi juga wajib dihindari saat sahur. Dia menilai sebaiknya jika mengganti minuman tersebut dengan susu. (Tinik)

 

Sumber: Inews.id

Related posts