Kembali Digelar, Golok Day Reborn 2022 Hadirkan 3013 Pendekar   

Koranbanten.com – Setelah vakum selama 3 tahun, akhirnya perhelatan akbar para pendekar di Banten bertajuk Golok Day Reborn 2022 kembali digelar di stadion Krakatau Steel Cilegon, Sabtu (24/9/2022).

Mengambil start di Hotel Natrabu Cilegon, iring-iringan pendekar dan pesilat menenteng golok yang diiringi alunan musik Gembrung yang saling bersahutan antar padepokan pun menuju lapangan sepakbola kebanggaan Kota Cilegon tersebut.

Read More

Tak ketinggalan beberapa pejabat turut hadir dengan mengenakan pakaian khas pesilat hitam-hitam diantaranya Pj Gubernur Al Muktabar, Kadispar Banten Al Hamidi, Wakil Ketua MPR-RI Yandri Susanto, Walikota Cilegon Helldy Agustian, Wakil Walikota Cilegon Sanuji, Walikota Serang yang sekaligus ketua Bandrong Provinsi Banten Syafrudin, jajaran Forkopimda Kota Cilegon, jajaran ketua dan pengurus IPSI Kota Cilegon dan Provinsi Banten.

Dikatakan Ketua Golok Day 2022 Rufaji Jahuri diadakannya acara ini tujuannya menjalin silaturahmi dan mengumpulkan semua peguron yang ada di Banten.

“Bersama-sama dengan seni dan budaya tetap eksis menjalin silaturahmi, mengingat sejarah, terutama Geger Cilegon yang sukses mengusir penjajah dari tanah Banten,” tutur pria yang juga menjabat ketua Bidang Prestasi dan Promosi IPSI Kota Cilegon.

Rufaji juga berharap tahun depan bisa lebih besar dengan mengundang lebih banyak pendekar Daris eanteeo dunia.Dan tentu saja mendapat dukungan dari APBD Pemkot Cilegon.

“Tahun ini kami gelar tanpa APBD Pemkot, semuanya murni dari para pendekar, peguron, tokoh masyarakat dan tentunya sponsor yang peduli akan kelangsungan seni dan budaya di bumi Banten ini,” ungkapnya.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar juga menyambut baik dan mengapresiasi Golok Day Reborn 2022 ini. Karena bisa membangkitkan nilai historis daerah di Kota Cilegon yaitu Geger Cilegon.

“Tak hanya itu, Golok Day ini juga sebagai pembangkit semangat para pendekar dan pesilat untuk terus melestarikan silat dan golok sebagai warisan asli Indonesia khususnya Provinsi Banten untuk dikenal di dunia,” tegasnya. (yogi)

Related posts