KPU Kota Tangerang Gelar Seminar dan Dialog politik

KORANBANTEN.COM – Upaya mencapai target 78 persen partisipasi pemilih, berbagai kegiatan yang turut melibatkan ribuan masyarakat telah diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang. Hal tersebut merupakan bentuk keseriusan KPU Kota Tangerang dalam mensukseskan Pilkada pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang tahun 2018.

Tercatat sebanyak 541 kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat dengan klasifikasi diantaranya yakni terdapat empat kegiatan dari 104 kelurahan, dan empat kegiatan di 13 kecamatan, serta 73 kegiatan di tingkat Kota Tangerang. Hal itu diungkapkan Sanusi, Ketua KPU Kota Tangerang, saat kegiatan Seminar dan Dialog Politik bersama LSM Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Gerak) Indonesia, di Aula KPU Kota Tangerang, beberapa waktu lalu.

Read More

“Terakhir kami mengadakan kegiatan serentak jalan sehat di 13 kecamatan, dan di tiap kecamatan melibatkan kurang lebih 2000 peserta jalan sehat,” paparnya.

Dilanjutkan Sanusi, target partisipasi pemilih di Pilkada Kota Tangerang sebanyak 78%, namun dengan beberapa kegiatan yang sukses diselenggarakan pihaknya, ia pun merasa yakin dapat mencapai target partisipasi tersebut dengan proses informasi dan juga sosialiasi yang terus dilakukannya.

“Prinsipnya KPU mengedukasikan kepada masyarakat bagaimana mendapatkan hak informasi, hak partisipasi, dan hak demokrasi. Artinya, siapapun berhak mensosialisasikan dan menginformasikan pelaksanaan Pilkada Kota Tangerang ini,” katanya.

Selain sosialisasi, lanjut Sanusi, KPU Kota Tangerang juga sudah menetapkan empat hal dalam proses penyelenggaraan Pilkada 2018. Yang pertama, kata dia, KPU menetapkan Pilkada Kota Tangerang hanya diikuti satu Pasangan Calon (Paslon). Kedua, ditetapkan KPU bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kota Tangerang sebanyak 1.027.522 pemilih. Ketetapan Ketiga soal anggaran KPU Kota Tangerang di Pilkada 2018 yakni sebesar 61,3 Milyar. Dan ketetapan yang terakhir, kata dia, KPU juga telah menetapkan sebanyak 3.091 TPS dengan total 27.519 KPPS dan 6.182 Pamsung.

“Artinya sudah empat ketetapan, dan tinggal satu lagi ketetapan yang belum kita dapatkan. Pasca pemilihan nanti akan kita tetapkan siapakah pemenangnya, apakah Paslon atau kolom kosong. Jadi tinggal menunggu satu ketetapan lagi. Dan tentunya harapan kami partisipasi pemilih dapat melebihi target yang telah ditetapkan,” pungkasnya. (Zher)

Related posts