KPU Lebak Lakukan Sosialisasi Pilkada Di Rutan Rangkasbitung

KORANBANTEN.com – Guna meningkatkan angka partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Lebak 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak melakukan sosialisasi dan informasi Pilkada Lebak 2018 kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah tahanan (Rutan) klas IIB Rangkasbitung, Selasa (13/03/2018).

“Kami memiliki kewajiban mensosialisasikan Pilkada Lebak 2018 kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk warga binaan di Rutan Rangkasbitung ini,” ujar Anggota Komisioner KPU Lebak, Apipi kepada wartawan, Selasa (13/03/2018).

Read More

Dijelaskan Apipi, WBP Rutan Klas II B Rangkasbitung memiliki hak yang sama dalam pesta demokrasi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 mendatang untuk menentukan pilihannya.

Masih katanya, masyarakat Kabupaten Lebak baik yang berada diluar maupun yang menjadi warga binaan dapat memenuhi hak pilihnya di Pilkada Lebak 2018, sehingga diharapkan angka partisipasi pemilih pada Pilkada Lebak dapat meningkat.

“Nantinya di dalam Rutan ini akan ada Tempat Pemilihan Suara (TPS). Disini juga akan dibentuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berasal dari warga binaan dan masyarakat luar lainnya,” paparnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Banten, Enan Nadiya menjelaskan, semua warga negara memiliki hak yang sama dimuka hukum, yaitu memilih calon pemimpin. Tapi, lanjutnya, seseorang bisa kehilangan hak pilihnya jika terjerat hukuman 5 tahun kurungan atau lebih.

“Hanya diikuti satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lebak di Pilkada Lebak 2018. Sehingga dalam surat suara terdapat kolom pasangan calon yang bersebelahan dengan kotak kosong (tanpa foto pasangan calon,-red). WBP diperbolehkan mencoblos kotak bergambar atau kotak kosong, karena peraturan membolehkannya”  jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Rutan Rangkasbitung Aliandra Harahap mengatakan, terdapat 216 WBP yang berada di dalam Rutan Rangkasbitung, namun hanya sebanyak 180 orang saja yang memenuhi syarat yang dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Lebak 2018.

“Kita akan terus mengupdate kondisi Rutan ke KPU Lebak karena data WBP bersifat dinamis. Bisa bertambah atau berkurang. Saya berharap pelaksanakan Pilkada Lebak 2018 berjalan sukses, aman dan tertib,” ucapnya. (Ajat)

Related posts