Lobster, Peluang Usaha di Lebak Selatan

KORANBANTEN.COM – Lobster yang merupakan hewan laut krustasea yang populer untuk dijadikan makanan. Biasanya, lobster memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan hidangan laut lainnya, seperti udang dan kepiting. Banyaknya peminat dan menjadi komoditi Ekspore, kini lobster menjadi magnet untuk peluang usaha masyarakat. Khususnya di wilayah Lebak Selatan, Banten.

Salahsatunya, Anggy Anugrah Pratama, warga Kampung Pasar Sukahujan, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak, Banten.

Read More

Hampir selama 3 tahun ia menggeluti usaha bidang lobster. Selama ini ia membeli lobster dari para nelayan (penangkap) lobster di wilayah sekitar, kemudian ia kumpulkan di penangkaran miliknya untuk di kirim kepada agen di luar kota, salahsatunya di Jakarta untuk selanjutnya di Ekspore ke Luar Negeri.

“Pengiriman biasanya per 2 sampai 3 hari total hingga 50 Kg dengan harga yang bervariatif,” terang Anggy, saat diwawancara dilokasi penangkaran, Rabu, (18/11/2020).

Diakui Anggy, Kebutuhan terhadap udang lobster tak pernah surut. Bahkan dari waktu ke waktu makin banyak saja permintaan pasar terhadap hewan air ini.

“Terutama dari kalangan restoran, rumah makan, hotel, usaha katering, dan untuk Ekspore,” imbuhnya.

Atas dasar kebutuhan itu, ia pun berkeinginan untuk melakukan pembesaran lobster, namun harus terganjal dengan modal. Dengan modal seadanya saat ini ia hanya bisa membeli dari nelayan kemudian ia masukan ke penangkaran miliknya lalu langsung di jual baik ke agen di luar kota, pendatang maupun warga sekitar.

“Kedepan saya juga ada rencana untuk pembesaran, minta dukungan dan bantuan dari Pemerintah agar keinginan ini bisa terwujud, supaya saya bukan hanya mampu melakukan penangkaran sementara, tapi juga bisa melakukan pembesaran (budidaya), hingga usaha saya bisa semakin maju, keinginan pasar pun bisa terpenuhi,” harapnya.

Tak hanya itu, menurut dia, kesejahteraan para nelayanpun harus diperhatikan.

“Pemerintah juga harus memperhatikan Mantap kesejahteraan para nelayan,” tandasnya.

Saat di lokasi, wartawan menemui salahsatu pembeli, Aloy (66th), asal Jakarta, mengatakan, “Saya lagi bertamu ke saudara di daerah sini dan saya tau bahwa di daerah Lebak Selatan ini terkenal lobster ya, makana saya ke tempatnya bang Anggy dan pesan buat besok saya bawa pulang untuk oleh oleh,” kata dia.

(Usep)

Related posts