Optimalisasi Potensi Pulau Wisata

Koranbanten.com – Selain Tanjung Lesung dan Pantai Pangandaran, Banten juga masih memiliki destinasi wisata lain yakni Pulau Liwungan. Pulau tak berpenghuni yang terletak di sisi utara Tanjung Lesung dengan luas 49 hektar ini dapat menjadi alternative untuk berlibur. Untuk dapat ke pulau Liwungan, wisatawan harus menempuh perjalanan selama 30 menit dengan menggunakan kapal nelayan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pandeglang, H. Cecep Juanda mengatakan, dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus yang menjadi salah satu program Presiden Joko Widodo, hal itu tentunya juga akan berdampaknya kepada pulau liwungan. Sehingga menurutnya, Pulau Liwungan perlu untuk ditata dan dikelola dengan baik sehingga pulau tersebut menjadi tempat rekreasi.“Tempat rekreasi kan perlu tempat yang otentik, kemudian juga output-nya juga untuk menambah kontribusi atau retribusi daerah,” ujar Cecep belum lama ini.

Read More

Dengan luas wilayah yang ada, Cecep meyakini, jika pulau liwungan dikelola dengan baik tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri khususnya untuk wisatawan domestik maupun macanegara. ”Dengan potensi pulau-pulau dan pantai yang ada, Pandeglang ini bisa di bilang Balinya Provinsi Banten lah,” katanya.

Kemudian, kedepan untuk konsep pengembangan objek wisata kata Cecep, menurut amanat visi-misi Provinsi Banten yang lebih kepada agrowisata dan agrobisnis, sejalan dengan visi-misi Kabupaten Pandeglang. “Bisa dibayakan masyarakat pandeglang ini dari 1,2 juta jiwa konsentrasinya 60 persen bergerak di bidang pertanian, jika didukung dengan pemanfaatan objek wisata yang maksimal, tentunya akan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga dapat mensejahterakan masyarkatnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Cecep mengatakan, pihaknya akan melakukan diskusi dengan dinas terkait dalam memaksimalkan potensi-potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Pandeglang. “ Kita akan berdiskusi dengan Bappeda sebagai perencanaan, kemudian dengan Pengelola Keuangan serta Bidang Aset, lalu dengan Dinas Kelautan. Karena dinas kelautan juga memiliki Tupoksi dalam mengelola pulau-pulau kecil,” paparnya. (salim)

Related posts