Pejabat Pemkab Serang Lakukan Tes Urine

Koranbanten.com – Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Kesehatan bekerja sama dengan BNN melakukan Tes Urine kepada seluruh pejabat eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang, Senin(11/1) pagi.

Kegiatan tes urine ini dilakukan disela acara Rapat Evaluasi Kinerja tingkat Kabupaten Serang yang dilakukan di Gedung Bapedda Kabupaten Serang.

Read More

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Sri Nurhayati mengatakan, bahwa tes urine ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sebagai upaya preventif aparatur Pemerintah Daerah agar terhindar dari narkoba.

“Untuk hasilnya masih kami cek, dan yang mengeluarkan bukan Dinas Kesehatan, hasilnya akan dilaporkan kepada bupati dan bupati yang akan merilis hasilnya,” kata Sri.

Senada dikatakan, Pejabat Bupati Serang Hudaya, mengaku akan mengumumkan hasil tes urine yang dilakukan dinkes. Apabila ada ditemukan PNS yang positif menggunakan narkoba akan diberi sanksi serta diserahkan ke BNN.

“Nanti akan kita tunggu hasilnya. saya umumkan. Bilamana ada yang positif akan diberi sanksi yang sesuai,” tutur Hudaya.

Hudaya menjelaskan, bahwa tes urine ini pihaknya bekerja sama dengan BNN Provinsi Banten. “Kita mencoba memastikan bahwa untuk melakukan langkah apakah SKPD kita ini cukup baik atau tidak, bukan dari sisi persoalan kerja penyerapan anggaran saja tetapi juga performen diri. Untuk itu kita meminta bantuan BNN untuk melakukannya.

Sementara itu, Kasubag Kesbang Bina Perangkat Kecamatan Parida mengatakan, salah satu indikator seseorang untuk menjabat sebagai kepala di pemerintahan harus bersih diri terutama dari narkoba.

“Salah satu item selain pangkat harus juga diliat dari performancenya, seorang pejabat itu layak atau tidak untuk menjadi seorang teladan,” ujarnya.

Dari data yang ada, sekitar 365 pejabat di Kabupaten Serang mengikuti tes urine itu. Dalam tes itu, mereka harus terlebih dahulu mengisi daftar hadir dan bergantian menggunakan toilet. Sebagai tanda mereka telah menyerahkan hasil urinenya, para pejabat mengoleskan tangannya ke tinta yang disiapkan oleh petugas.(adril)

Related posts