Pemkot Serang-Perguruan Tinggi UT Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM

Koranbanten.com – Belum genap 100 hari kerja, duet kepemimpinan di Kota Serang Syafrudin-Subadri yang terkenal dengan jargon “Aje Kendor” terus melakukan inovasi dan terobosan-terobosan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Serang. Hal tersebut salah satunya dilakukan dengan bekerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) dan Universitas Terbuka (UT) Serang yang disampaikan pada acara Talkshow disalah satu televisi swasta lokal dengan tema “Membangun SDM Banten Melalui Pendidikan Jarak Jauh Modern Dalam Era Revolusi Industri 4.0”, Selasa, (12/02/2019).

Walikota Serang, Syafrudin mengatakan, pihaknya sangat mendukung program UT untuk meningkatkan kualitas SDM. Khusus untuk peningkatan Angka Pertisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi (PT) yang dicanangkan pemerintah hingga rata-rata nasional mencapai 40% tahun 2023.

Read More

“Kita sudah menyiapkan strategi yang akan dilakukan antara lain, sosialisasi pada masyarakat kota serang penting nya pendidikan PT, memberikan bantuan beasiswa aje kendor bagi siswa yang berprestasi dan kurang mampu, bekerjasama dengan stakeholder terkait, baik swasta maupun hukum lainnya dalam segi pembiayaan, bekerjasama dengan UT Serang dalam mendorong dan mensupport masyarakat kota serang untuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi UT,” paparnya.

Menurut Syafrudin kaitan dengan program kerjasama yang akan dilakukan dengan UT sangat berkolerasi dengan Pemkot Serang karna memberikan kontribusi positif bagi masyarakat untuk bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi UT, dimana pendidikan sistem jarak jauh dan kemandirian sistem pembelajaran yang berbasis digital online dan tatap muka.

“Dengan adanya masyarakat yang putus sekolah, beasiswa yang diberikan akan kita berikan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA bahkan sampai perguruan tinggi, karna pendidikan ini sebuah tuntutan, sesuai dengan visi kita, harus mampu unggul di semua bidang, kita akan terus berinovasi demi kemajuan Kota Serang,” pungkasnya.

Direktur Perguruan Tinggi UT Serang Maman Rumanta mengatakan perlunya kerjasama ini untuk meningkatkan SDM di Kota Serang dalam bidang pendidikan agar dapat menempuh pendidikan di tingkat perkuliahan terutama dapat kuliah di Universitas Terbuka di Kota Serang.

“Tingkat Angka Partisipasi Kasar (APK) di Kota Serang yang baru tercapai sebesar 31,5% hal tersebut jauh dari target yang sebesar minimal 40% untuk mencapai target tersebut pihak UT melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Serang untuk dapat membantu menginformasikan kepada masyarakat Kota Serang pentingnya pendidikan, terutama pendidikan di tingkat perkuliahan,” jelasnya.

Perlu diketahui acara Talkshow ini merupakan lanjutan dari hasil audensi antara Perguruan Tinggi UT Serang dan Pemerintah Kota serang bahkan dalam waktu dekat ini akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU).(Kiki)

Related posts