Peringati HUT RI ke 77, BELL-MAN BF Borong  Empat Piala Latber 2022

Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia ( P3SI ) Pengda Kabupaten Tangerang, menggelar lomba dengan berbagai macam Doorprize dan Piala untuk para pemenang serta peserta lomba di Bird Binong Arena ( BBA ) Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Minggu ( 14/08/2022 ).

KORANBANTEN.COM- Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77, Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia ( P3SI ) Pengda Kabupaten Tangerang, menggelar lomba dengan berbagai macam Doorprize dan Piala untuk para pemenang serta peserta lomba di Bird Binong Arena ( BBA ) Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Minggu ( 14/08/2022 ).

Peserta lomba  yang sejak pukul 7 pagi sudah mulai berdatangan dengan membawa burung Perkutut andalan yang beberapa diantara adalah pemain lomba Nasional. Para peserta membawa burung Perkutut ke arena lomba dan langsung menaikan sangkar dalam tiang yang sudah disediakan oleh panitia lomba.

Read More

Yang menarik, selain lomba bergengsi oleh pecinta Perkutut Bangkok tersebut, sangkar yang dibawa oleh peserta sangat menarik dan terkesan mewah, ini terlihat dari desain dan warna sangkar Perkutut tersebut.

Peserta yang memang para penghobi dan peternak tersebut membawa kandang dengan berbagai jenis dan warna menarik, sebagai simbol sebuah komunitas bergengsi pecinta burung perkutut.

“Lomba yang bertajuk Piala Latihan Bersama ( Latber ), 2022 ini mengambil tema’ Mencintai negeri dengan melestarikan burung Perkutut’ jenis Bangkok. Dan kami di Pengda P3SI Kabupaten Tangerang ini sudah mempunyai jadwal yang telah disusun oleh Pengwil P3SI Sejabodetabek,” ujar Simon, Panitia bidang lomba yang juga pemilik ternak Perkutut dengan nama, S. Mubarok BF.

Sementara Ketua Pengda P3SI Kabupaten Tangerang, Irwan Kusumah mengatakan, kegiatan lomba ini memang bertepatan dengan peringatan HUT RI ke 77.”Ini juga sebagai momentum memperingati Hari Kemerdekaan RI, dengan cara kami mengadakan lomba  seni suara alam burung Pekutut bagi para penghobi dan para peternak sekaligus ajang silatahmi antara peternak dan penghobi,” ujar Irwan Kusumah pemilik, DAU BF tersebut.

Ali Sadikin, Ketua Bidang Lomba menambahkan, dalam lomba ini, piala yang diperebutkan terdiri dari dua katagori, yaitu katagori Piyek Hanging dan Dewasa Bebas.”Untuk juara diambil dari juara 1 – 10, dengan masing – masing pemenang mendapatkan piala dan produk sponsor dari ‘Boos Star’ yang merupakan perusahaan pakan burung Perkutut, serta hadiah Doorprice bagi para peserta,” kata Ali yang juga pemilik ternak Perkutut, Sae BF.

Dalam lomba seni suara alam burung Perkutut tersebut, BELL- MAN BF mendominasi dengan meraih empat trofi piala Latber 2022 di Binong Bird Arena ( BBA ),dari katagori Kelas Dewasa Bebas dan kelas Piyek Hanging.

Frans. A. Djaya, yang meraih empat trofi piala Latber 2022 mengatakan, secara kualitas bagus untuk kegiatan lomba ini.” Yang harus diperhatikan adalah team Juri yang mesti fleksibel untuk menarik para pemula agar tertarik untuk mengikuti lomba – lomba Perkutut yang diadakan kalangan Komunitas ataupun oleh Organisasi Perkutut semisal P3SI,” kata Frans.

“Suara burung Perkutut ini memang unik, karena burung yang secara kualitas bagus, tapi belum tentu juga dalam perlombaan konsisten menjadi juara, perawatan menjadi sangat penting dilakukan agar burung yang akan dilombakan tetap terjaga kualitas dan bisa menjadi pemenang dalam setiap lomba, baik lomba tingkat lokal sampai Lomba tingkat Nasional,” tutur pemilik BELL-MAN BF tersebut.(**)

Related posts