RS Mata Achmad Wardi Gelar Grand Launching Retina dan Glaukoma Center

KORANBANTEN.COM – Rumah Sakit Mata Achmad Wardi yang telah dilengkapi dengan fasilitas Retina dan Glaukoma Center diresmikan, Rabu (21/10) berlokasi di Jalan Raya Taktakan KM. 1, Kel Lontar Baru, Kota Serang, Banten.

Kelengkapan fasilitas ini terealisasi setelah di peroleh melalui pendanaan Cash Waqf Linked Sukuk serta pembiayaan dari BNI Syariah.

Read More

Retina dan Glaukoma Center Rumah Sakit Mata Achmad Wardi diresmikan Wakil Presiden RI Dr. K.H. Ma’ruf Amin secara Virtual.

Sebelum dilengkapinya fasilitas yang ada RS yang dikelola Badan Wakaf Indonesia (BWI) Serang, ini telah membuka layanan pusat retina (retina center) dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 saat memasuki tatanan normal baru.

“Layanan kami sudah bisa melakukan sub-spesialis, terutama untuk retina dan glokum. Dengan peralatan yang didatangkan hasil dari Program Badan Wakaf Indonesia dengan Bank Indonesia (BI),” terang Direktur RS Mata Achmad Wardi dr Badrus Sholeh.
​​​​​​
Yang menarik RS ini juga melayani pasien pengguna BPJS kesehatan serta masyarakat kurang mampu yang bekerja sama dengan Dompet Dhuafa.

“Jadi masyarakat yang tidak punya BPJS, khusus untuk pelayanan mata mereka akan didatangi petugas dari Dhompet Dhuafa secara gratis,” terangnya.

Selain itu lanjutnya, dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap pasien, pihaknya juga tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah terjadinya penularan COVID-19.

“Masuk ke era normal baru kita melakukan beberapa pengaturan, jadi kita ada batasan pasien yang datang sehingga tidak boleh berkerumun, kita atur jarak. Dan pasien juga diwajibkan untuk memakai masker,” katanya.

Ia menambahkan RS Mata Achmad Wardi-BWI sudah bekerja sama juga dengan mitra pembayaran, seperti asuransi Admedika, OWLEXA dan BPJS Kesehatan. Ada juga program dari LKC Dompet Dhuafa yang khusus melayani masyarakat yang tidak memiliki BPJS Kesehatan atau pun biaya untuk berobat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sachiri mengapresiasi keberadaan RS Mata Achmad Wardi yang telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat daerah itu.

“Yang jelas ini adalah satu hal yang sangat membahagiakan, selama ini masyarakat yang berobat untuk kesehatan mata itu sangat sulit, harus pergi ke Bandung atau Jakarta,” ucapnya.

Senada dikatakan Walikota Serang Syafrudin. Pemerintah Kota Serang, menurutnya mengucapkan terimakasih kepada panitia kegiatan.

“Insyaallah kehadiran kita ini adalah kehadiran yang ikhlas. Kami juga mengucapkan terimakasih sebesar besarnya atas kehadiran RS Achmad Wahdi di Kota Serang, karena ini satu satunya rumah sakit mata yang ada di Provinsi Banten,” ujarnya.

Syafrudin menilai, dengan keberadaan rumah sakit mata di Kota Serang, menjadi solusi karena penyakit mata, salah satunya katarak sudah banyak. Dari usia muda sampai usia tua katarak ini menjadi persoalan di Kota Serang bahkan di Provinsi Banten.

“Saya melihat sendiri. Rumah sakit mata ini beda dari rumah sakit yang lain. Karna rumah sakit ini bisa membantu masyarakat yang tidak mampu, dan bisa memberikan bantuan kepada masyarakat, khususnya di Kota serang,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Wapres Dr. K.H. Ma’ruf Amin, secara virtual, dihadapan tamu undangan yang hadir menerangkan bahwa, kebutaan di indonesia adalah 1,5% atau sekitar 3 juta orang. Kebutaan di indonesia sering terjadi akibat katarak dan glaukoma.

Dengan adanya RS Achmad Wahdi, Wapres berharap masyarakat Banten, khususnya serang, dan sekitarnya dapat memperoleh pelayanan mata dengan baik.

“Pembangunan rumah sakit ini dibangun dengan menggunakan dana wakaf, dan ini membuktikan bahwa dana wakaf sangat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.(opik/dede).

Related posts