RSUD Balaraja Adakan Capacity Building Guna Mengasah Kemampuan SDM dan Institusi

Tangerang – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balaraja menggelar kegiatan Capacity Building untuk mengasah kemampuan SDM dan institusi di lingkup organisasi.

Kegiatan ini diikuti 56 peserta dari masing-masing perwakilan manajemen, dokter spesialis, Komite Medik, Komite Keperawatan, Komite Tenaga Kesehatan Lainnya, serta perwakilan Pokja Akreditasi. Salah satu tujuannya, diharapkan dapat menyinergikan kemampuan, keterampilan serta sikap dan perilaku para pegawai dalam rangka mempersiapkan Survei Akreditasi yang selama 2,5 tahun berhenti sementara dikarenakan pandemi Covid-19.

Read More

“Perlu disadari bahwa berkembang tidaknya suatu organisasi sangat dipengaruhi dengan adanya kepedulian dan kualitas SDM dalam menggerakkan organisasi. Dengan demikian, proses peningkatan kapasitas (capacity building) menjadi hal yang penting untuk dilakukan,” ujar Direktur RSUD Balaraja dr. Hj. Rr. Reniati, M.Kes pada Rabu (18/08/2022).

Dia mengatakan, dalam proses ini tentu dapat dilakukan dengan beragam cara baik melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) berbasis kompetensi, pembinaan pola karir, tugas belajar, atau pola permainan. Yang dimana, cara tersebut dilakukan untuk meningkatkan performa SDM organisasi dalam menjalankan tugasnya guna mencapai tujuan organisasi.

“Dengan demikian, pengembangan kapasitas sangat terkait dengan kemampuan SDM, kemampuan institusi, dan kemampuan sistem organisasi,” lanjutnya, dilansir tangerangkab.go.id.

Disela-sela kegiatan tersebut, Direktur RSUD Balaraja itu juga menyebutkan para peserta capacity building terlihat sangat antusias dan berharap kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan setiap tahunnya.

“Selain untuk meningkatkan kreativitas, kerjasama dan kekompakan, kegiatan ini juga menjadi salah satu ajang hiburan dan silaturrahmi. Sedangkan dari sisi manajemen diharapkan kegiatan ini dapat menjadikan para pegawai kembali bersemangat sehingga dapat bekerja lebih baik dan berkualitas dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Tangerang dan sekitarnya,” ucapnya. (*/cr1)

Related posts