Waspadai Penyakit Saat Musim Hujan, Dinkes Pandeglang Beri Himbauan

KORANBANTEN.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang mengimbau masyarakatnya untuk mewaspadai penyakit pada saat musim penghujan. Sebab untuk sejumlah wilayah di Indonesia sudah memasuki musim penghujan, termasuk Kabupaten Pandeglang.

Kepala Dinkes Pandeglang, Raden Dewi Setiani mengatakan, saat ini hampir setiap hari hujan mulai turun dari intensitas ringan hingga lebat. Jika tidak diantisipasi dengan baik maka dapat berpotensi membuat tubuh terserang penyakit.

Read More

Dikatakan Dewi, ada beberapa penyakit yang biasanya rentan dialami saat musim penghujan. Ini yang harus diwaspadai oleh masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh dengan baik.

“Diantaranya demam berdarah dengue atau sering disebut sebagai DBD, kolera disebabkan oleh bakteri Vibrio Cholerae yang mengkontaminasi makanan dan air yang dikonsumsi oleh penderita, demam Tifoid atau disebut juga Tipes menyebar akibat infeksi bakteri Salmonella Typhosa, serta penyakit flu, “kata Dewi, Jumat (10/1)

Dewi megutarakan, pada saat musim penghujan potensi virus dan bakteri untuk menyerang manusia. Apalagi bagi yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah akan sangat rentan terserang penyakit.

Ia pun menyarankan agar masyarakat menjaga kebersihan dan menghindari lima jenis makanan yang terkontaminasi bakteri selama musim hujan. Sehingga bakteri dan virus tidak masuk dengan mudah ke dalam tubuh. Berikut lima jenis makanan yang harus di hindari diantaranya sayuran berdaun hijau, makanan laut, makanan yang terpapar udara, makanan yang di goreng dan minuman bersoda.

” Saya harap masyarakat lebih berhati-hati dalam memilih makanan, mencuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan menjaga kondisi fisik walaupun musim hujan bukan menjadi penghalang untuk kita beraktifitas,”tuturnya

Masih kata Dewi, masyarakat harus mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta menyeimbanginya dengan istirahat yang cukup. Dengan demikian, daya tahan tubuh bisa lebih terjaga. “Istirahat cukup, makan makanan yang bergizi seimbang. Lalu olahraga teratur. Itu tetap harus dijaga,” ucapnya.

Dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih, ia meyakini masyarakat bisa lebih mudah menjaga kesehatannya. Serta terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya pada musim penghujan.

“Kalau kita sudah siap dan paham bagaimana caranya untuk menghadapi musim penghujan ini Insya Allah kondisi kita akan selalu tetap terjaga” ujarnya. (Asp)

Related posts