5 Faktor Risiko yang Membuat Batu Ginjal Kambuh

KORANBANTEN.com – Kebanyakan orang tidak tahu jika batu ginjal dapat terjadi lebih dari satu kali. Hal ini lebih dari sekedar genetika, tetapi ada faktor lain yang menyebabkan batu ginjal kambuh.

Dr Pradip Shah, Dokter di Rumah Sakit Fortis di Mumbai, menjelaskan berbagai faktor yang memengaruhi batu ginjal kambuh seperti dikutip Thehealthsite berikut ini:

Tidak minum cukup air putih

Meskipun asupan air yang direkomendasikan untuk orang normal adalah 1,5 liter per hari, orang-orang dengan batu ginjal perlu minum dua kali lipat jumlah tersebut atau 3 liter sehari. Hal ini untuk mencegah kekambuhan batu ginjal.

Rendahnya kualitas air

Apakah Anda tahu bahwa minum air yang tinggi mineral dapat menempatkan Anda pada risiko kekambuhan batu ginja? Ini adalah salah satu alasan orang yang minum air dari sumur berisiko tinggi mengalami kekambuhan batu ginjal.

Kelainan struktur saluran kemih

Jika Anda menderita suatu kondisi yang menghambat kelancaran arus urin, maka kecenderungan pembentukan batu sangat tinggi. Ini adalah alasan mengapa orang-orang dengan kelainan struktural dianjurkan menjalani USG setiap tahun untuk mendeteksi batu ginjal.

Kebiasaan makan

Jika Anda minum minuman bersoda seperti cola yang bersifat asam, maka risiko menderita batu ginjal untuk kedua kalinya lebih tinggi. Karena itu, hindari makanan asam dan garam yang menempatkan Anda pada risiko lebih tinggi mengalami kekambuhan.

Kanker tiroid

Kanker tiroid dapat memengaruhi fungsi kelenjar paratiroid. Kelenjar paratiroid memainkan peran kunci dalam metabolisme kalsium. Sementara, tumor kelenjar tiroid dapat memengaruhi hormon paratiroid, di mana menyebabkan deposisi kalsium di tempat yang abnormal, termasuk ginjal. @DF