Anda Penderita Eksim? Ini Jenis Sabun yang Bisa Dipakai

KORANBANTEN.com  – Kulit kemerahaan bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami eksim. Di saat seperti ini, Anda tidak boleh sembarangan memilih jenis sabun! Berikut penjelasan detailnya dari dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK.

Coba perhatikan kulit Anda, apakah ada bagian yang mengalami kemerahan atau warnanya sudah menggelap karena terlalu sering digaruk? Jika ya, bisa jadi Anda mengalami peradangan kulit atau dikenal dengan sebutan eksim. Di saat seperti ini, Anda tidak boleh sembarangan memilih jenis sabun.

Eksim akan menurunkan pertahanan kulit dan menyebabkannya lebih mudah mengalami iritasi lebih lanjut. Karenanya, Anda harus sangat berhati-hati dalam memilih produk perawatan yang berkontak dengan kulit, termasuk sabun yang digunakan sehari-hari.

Sabun akan membersihkan permukaan kulit dari kotoran, polutan, minyak, ataupun sel kulit mati. Benda ini biasanya mengandung bahan yang disebut dengan surfaktan atau detergen. Sayangnya, beberapa jenis surfaktan tersebut dapat menghilangkan pelembap alami kulit dan mungkin tertinggal di permukaan kulit. Bila hal ini terjadi terus-menerus, kulit dapat meradang.

Pada dasarnya, kondisi eksim menyebabkan hidrasi dan kelembapan kulit menurun. Hal ini menyebabkan pertahanan kulit menjadi tidak sempurna. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk memilih jenis sabun dengan kandungan pelembap, agar kulit yang meradang dapat pulih dan kembali sehat dengan cepat.

Sabun yang dimaksud biasanya memiliki tekstur yang creamy. Di samping itu, sabun tersebut biasanya tidak memberikan sensasi kesat setelah mandi. Karena rasa kesat artinya kulit terlalu kering. Hal ini akan memperparah kondisi eksim yang Anda alami.

Pertahanan kulit yang rendah pada kondisi eksim menyebabkan kulit tidak mampu mentoleransi surfaktan atau detergen yang terlalu kuat. Untuk itu, sebaiknya pilih jenis sabun dengan label ‘gentle’, ‘untuk kulit sensitif’, atau ‘hypoallergenic’.

Sebisa mungkin hindari sabun yang memiliki kandungan sodium lauryl sulfate, tea tree oil, asam salisilat, benzoil peroksida, alkohol, pewangi, retinoids, atau alpha hydroxy acid. Kandungan tersebut cenderung mengeringkan kulit dan membuatnya semakin teriritasi.

Hindari juga sabun yang bersifat abrasif atau terlalu kasar. Selain pemilihan sabun, perhatikan juga kebiasaan mandi berikut ini:

• Batasi waktu mandi 5-10 menit saja

• Gunakan air mandi yang tidak terlalu panas

• Keringkan dengan handuk lembut dan jangan digosok terlalu kuat

Sekarang sudah jelas ‘kan harus pilih sabun seperti apa untuk kondisi kulit eksim yang Anda alami? Jika Anda ingin benar-benar memastikan jenis sabun yang tepat, berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit. @DF