Kurang Yodium, Ibu Hamil Berisiko Lahirkan Bayi dengan IQ Rendah

ibuStudi mengungkapkan 84 persen wanita sering tidak menyadari pentingnya konsumsi yodium selama masa kehamilan. Fakta lain pun muncul dari studi ini yaitu jika ibu hamil tidak mengonsumsi makanan kaya yodium seperti ikan, susu dan keju ternyata bisa mengurangi kualitas IQ bayi mereka.

Yodium diperlukan sebagai pemicu produksi hormon tiroid yang penting untuk otak dan sistem perkembangan saraf bayi dalam kandungan dan juga pada anak usia dini. Kekurangan zat ini seringkali dikaitkan dengan gangguan perkembangan kecerdasan dan membaca anak nantinya.

Kekurangan yodium merupakan salah satu penyebab utama berkurangnya fungsi otak di negara berkembang. Hal ini bisa berpengaruh pada fungsi kognitif anak jika tidak dikonsumsi selama masa kehamilan. Meskipun sebagian besar wanita di Inggris menyadari manfaat gizi dari produk makanan, hanya 12 persen yang menyadari kebutuhan yodium saat kehamilan.

Hampir 84 persen wanita tak menyadari manfaat yodium saat kehamilan untuk perkembangan janin dalam kandungan. Hanya 11 persen wanita mengaku pernah mendengar khasiat yodium semasa kehamilan dan berusaha mencukupi kebutuhan zat bermanfaat yang sering dianjurkan oleh dokter kandungan mereka. @

sumber : detik