Saluran Cerna Anak Sangat Penting

1856315ThinkstockPhotos-485145514780x390Kesehatan saluran cerna anak sangat penting diperhatikan oleh seorang ibu, agar anak bisa selalu aktif dimasa pertumbuhannya. Anak juga harus diperlukan asupan makanan yang bergixi seimbang untuk menyehatkan saluran cerna.
Dokter Saptawati Bardosono mengatakan, salah satu cara menjaga kesehatan saluran cerna anak adalah dengan memberikan makanan kaya probiotik seperti buah pisang. Probiotik diperlukan agar bakteri baik, yaitu probiotik tetap hidup. Probiotik menjaga kesehatan saluran cerna, penyerapannya bagus, anak tidak sakit-sakitan dan uring-uringan. Sabtu, (19/9/2015).
Dengan begitu anak akan aktif secara fisik, sehingga mendukung tumbuh kembangnya. Nutrisi yang baik diperlukan anak untuk perkembangan otak. Asupan anak-anak harus lengkap dan seimbang, meliputi karbohidrat, lemak, protein hingga vitamin dan mineral. Selain itu zat besi agar dia bisa aktif otaknya dalam pemahaman berpikir. Piring anak baiknya berwarna-warni. Ada nasi, sayur, lauk pauk dan buah-buahan.
Lakukan pengenalan pada sayur dan buah sejak usia 6 bulan ketika anak mulai mendapat makanan pendamping ASI, berikan makanan secara teratur 3 kali makan besar dan 2-3 kali makan selingan dalam sehari. Contoh makanan selingan, susu, puding, sup, sayur-sayuran dan buah. Jika asupan gizi seimbang, anak tak mudah sakit, berat badan dan tingginya terus bertambah hingga meningkat kemampuan kognitif. @Ani Susanti